RS MANAJEMEN MUTU SEKOLAH DALAM PEMBUDAYAAN KARAKTER (STUDI MULTI SITUS DI UPTD SMP NEGERI 4 SAMPANG DAN UPTD SMP NEGERI 2 SAMPANG)

Manajemen Mutu Sekolah, Pembudayaan, Pendidikan Karakter

Penulis

  • Raden Sitti Nurul Hotimah

Kata Kunci:

Manajemen Mutu Sekolah, Pembudayaan, Pendidikan Karakter

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen pembudayaan
karakter melalui fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan
evaluasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan sumber data 24
informan. Tekhnik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan menyusun program
pembudayaan karakter adalah melalui rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
yang dilengkapi dengan tiga kegiatan utama: intrakulikuler, ko-kulikuler, dan ekstrakulikuler, (2)
pengorganisasian pembudayaan karakter ini di lakukan dengan pembentukan tim guru, sesuai
tugas dan fungsinya, (3) pelaksanaan pembudayaan karakter berorientasi pada pemahaman
konsep dan pembiasaan pembudayaan karakter, dan (4) evaluasi manajemen
pembudayaan karakter dilakukan melaui pengamatan harian, didukung oleh masyarakat. sekolah,
indikator keberhasilan peserta didik mampu menanamkan pembudayaan karakter dan
melaksanakan pembudayaan karakter dalam kehidupan sehari-hari.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-07

Cara Mengutip

Nurul Hotimah, R. S. . (2020). RS MANAJEMEN MUTU SEKOLAH DALAM PEMBUDAYAAN KARAKTER (STUDI MULTI SITUS DI UPTD SMP NEGERI 4 SAMPANG DAN UPTD SMP NEGERI 2 SAMPANG): Manajemen Mutu Sekolah, Pembudayaan, Pendidikan Karakter. Journal of Education Management and Learning, 3(2). Diambil dari http://journal.unigres.ac.id/index.php/jemal/article/view/1537

Terbitan

Bagian

Artikel