Y MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH LUAR BIASA (Studi Kasus di SDLB Negeri Sampang)

Manajemen Pendidikan, Sekolah Luas Biasa

Penulis

  • Yusuf

Kata Kunci:

Manajemen Pendidikan, Sekolah Luas Biasa

Abstrak

Di Indonesia, sekolah khusus bagi siswa autis disebut Sekolah Luar Biasa Autis. Di sekolah tersebut, disediakan layanan pendidikan dan terapi bagi siswa-siswi autis. Penanganan yang disesuaikan dengan kondisi anak, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa autis. Keadaan siswa autis yang unik dan berbeda dengan siswa regular pada umumnya, menyebabkan penangannya memerlukan cara yang khusus, begitu pula dalam melakukan manajemen pendidikannya. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan khusus di salah satu Sekolah Luar Biasa Autis di Kabupaten Sampang Madura, Jawa Timur. Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen pendidikan di SDLB Negeri Sampang. Penelitan ini menggunakan metodeh penelitian kualitatif. Teknik penelitian dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil penelitian pengunakan analisis data, keabsahan data. Objek penelitian pada penelitian ini adalah SDLB Negeri Sampang, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara serta dokumentasi Berdasarkan temuan dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan pendidikan sekolah luar biasa di SDLB Negeri Sampang dilakukan dengan perencanaan pendidikan pada awal awal semester, setelah dilakukan asesman kemampuan anak oleh guru. 2) Pelaksanaan pendidikan telah berjalan cukup baik, namun masih mengalami kendala karena kurikulum yang diberikan oleh pemerintah merupakan Kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan tematik yang mengharuskan siswa aktif. 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru kemudian meminta pertimbangan dari terapis, psikolog dan ahli lain, kemudian disampaikan kepada orang tua terkait evaluasi belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-07

Cara Mengutip

Yusuf. (2020). Y MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH LUAR BIASA (Studi Kasus di SDLB Negeri Sampang): Manajemen Pendidikan, Sekolah Luas Biasa. Journal of Education Management and Learning, 3(2). Diambil dari http://journal.unigres.ac.id/index.php/jemal/article/view/1534

Terbitan

Bagian

Artikel