PENGEMBANGAN PENGGUNAAN APLIKASI SEJARAH LINIMASA CARD GAME SEKOLAH DASAR UNTUK SISWA KELAS X DI SMA N 2 TUBAN

Penulis

  • Gargarisna Diputra

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v8i1.777

Abstrak

Pengamatan yang dilaksanakan penulis di SMAN 2 TUBAN pada kelas X IPS tahun 2018 . Diperoleh data bahwa siswa menganggap pelajaran Ips sulit tertutama pembelajaran sejarah yang tentunya butuh hafalan- hafalan mengenai materi kemerdekaan di Indonesia, itu sulit karena bapak pengajar masih menggunakan metode ceramah. Dari jumlah siswa sebanyak 35 hanya ada 5 siswa yang mengalami ketuntasan belajar 30 siswa belum tuntas dengan presentase 14 % yang mengalami ketuntasan belajar klasikal dengan rata- rata  28% dari hasil pre tes. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan aplikasi Linimasa di SMAN 2 TUBAN dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Post tes menunjukan bahwa 29 siswa yang meningkat dengan presentase 82% dan  siswa menurun dengan presentase 9 % dengan nilai rata – rata 70,85.                                                                                                                           

Kata kunci: Linimasa, Prestasi Belajar


DOI :10.5281/zenodo.3470670

Referensi

Hermawan. 2016. Bab II Ilmu Sejarah dan Berpikir Sejarah. Buku Sejarah Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Yang Disempurnakan Peminatan Ilmu Sosial. Yudistira: Jakarta Timur.

Iswati, Tristianik. 2018. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban. Skripsi. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe. Tidak Dipublikasikan.

Puspitowardhani, Laksmi. 2017. Penggunaan Metode Permainan Dengan Media Kartu Linimasa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Sejarah Maata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Islam Al Ahzar 35 Surabaya. Tesis. Surabaya: Universitas Airlangga. Tidak dipublikasikan.

Redaksi AGSI.2011.â€ÂÂÂDedi Sambas. Guru Terpencil Yang Berprestasiâ€ÂÂÂ. AGSI Jurnal Pendidikan Sejarah Edisi ke 3/april-juni 2011 hal.20-22, ISSN 2087-2690.

Saraswati, Ufi. 2016. Bab III Penelitian dan Penulisan Sejarah. Buku Sejarah Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Yang Disempurnakan Peminatan Ilmu Sosial. Yudistira: Jakarta Timur.

Tim Lentera Kecil. 2016. Penilaian Pre Tes dan Post Tes. https://lenterakecil.com/penilian-pre-test-dan-post-test/. [diakses tanggal 10 januari 2018]

Wirawan, Adicipta. 2018. Linimasa Sejarah Indonesia Card Game. Brosur. Surabaya: Mekani Motion.

File Tambahan

Diterbitkan

18-03-2019

Cara Mengutip

Diputra, G. (2019). PENGEMBANGAN PENGGUNAAN APLIKASI SEJARAH LINIMASA CARD GAME SEKOLAH DASAR UNTUK SISWA KELAS X DI SMA N 2 TUBAN. Jendela Pendidikan : Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 73–81. https://doi.org/10.55129/jp.v8i1.777