NEED ASSESSMENT DAN NEED ANALYSIS BAHASA INGGRIS DESAIN ESP UNTUK KEJURUAN TEKNIK PEMESINAN
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v7i2.742Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendapatkan Need Assessment atau penilaian kebutuhan dan Need Analysis atau analisis kebutuhan dari siswa SMK jurusan teknik pemesinan melalui English for Specific Purpose (ESP) atau bahasa inggris untuk tujuan khusus yang seyogyanya diterapkan. Namun, sebagian besar guru mengarah pada konten pembahasan tentang pengetahuan secara umum untuk mempersiapkan Ujian Nasional.
ÂÂÂÂ
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif qualitatif dengan menjabarkan proses Need Assessment yaitu pengumpulan informasi, identifikasi kesenjangan, analisis performa, identifikasi hambatan dan sumber, identifikasi karakteristik siswa, identifikasi tujuan, dan menentukan permasalahan, yang kemudian menghasilkan Need Analysis melalui sumber data berupa observasi partisipatif, wawancara, kajian dokumen, dan kajian pustaka.
ÂÂÂÂ
Penelitian ini menghasilkan proses Need Assessment yang mengarah pada Need Analysis siswa SMK jurusan pemesinan membutuhkan untuk mengenal kosa kata dan istilah – istilah bahasa inggris dalam dunia pemesinan, mempelajari hal-hal yang bersifat kekinian berkaitan dengan teknologi terapan, dan mengetahui perkembangan teknologi masa depan dalam dunia pemesinan.
ÂÂÂÂ
Kata kunci: Need Assessment, Need Analysis, ESP, Kejuruan Teknik Pemesinan
DOI :10.5281/zenodo.3472118
Referensi
Astley, Peter and Lansford, Lewis. (2017). Oxford English for Careers Engineering 1 Oxford: Oxford University Press.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementrian Jendral Pendidikan dan Kebudayaan. (2018).
Pelatihan Dan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan. Dukuh: SMK Maskumambang.
Dudley-Evans, Tony. (2010). Developments in English for Specific Purposes: Amulti-disciplinary approach. Cambridge University Press. (Forthcoming)
Finch, Curtis and Crunkilton, John. (2009). Curriculum Development in Vocational and Technical Education: Planning, Content, and Implementation, 5th edision. England: Pearson
Gulo, W. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Gunadi, Kun Aniroh M. (2011). ESP Materials Development: Theory and Practice Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang.
Harjanto. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching: Fourth Edition. Edinburg Gate: Longman Pearson Education ltd.