PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN CTL TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SDN TELUKJATIDAWANG KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK

Penulis

  • Syahriyanto Syahriyanto

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v6i2.536

Abstrak

Dari hasil obsevasi penelit dalam pembelajaran dengan prestasi 70 presen prestasi belajar kurang optimal , dikarena metode yang yang dipergunakan kurang efektif . Metode yang dipergunakag kurang dapat perhatihan karena guu guru belum memahami secara maksimal dan kondisi belum kondusif dan di sekolah masih kekurangan guru tetap serta mengangkat guru sukwan dari Lulusa Setingkat SMA belum S1  bidang Pendidikan .

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar pelaksanaan Metode apaemberian Tugas dan CTL di SDN Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten  Gresik 2) Seberapa besar prestasi hasil  Matematika belajar  siswa SDN Telukjatidawang Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Seberapa besar pengaruh Metode Pemberian Tugas dan CTL terhadap prestasi hasil belajar siswa  SDN Telukjatidawang   Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.

Tujuan  dalam penelitian ini adalah: 1)Ingin Mengetahui Seberapa besar pelaksanaan Metode Pemberian Tugas dan CTL di SDN Telukjatidawang Kecamatan Tambak Kabupaten  Gresik 2) Ingin Mengetahui Seberapa besar Seberapa besar prestasi hasil belajar  Matematika siswa SDN Telukjatidawang Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3)  Ingin Mengetahui Seberapa besar pengaruh Metode Pemberian tugas dan CTL terhadap prestasi hasil belajar Matematika  siswa  SDN Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.

                Metodologgi penelitian : tempat penelitian di SDN Telukjatidawang Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik , Populasi SDN Telukjatidawang  Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik , Sample aadalah Guru dan Siswa Kelas 5 SDN Telukjatidawang Kecamatan Tambak Kabupaten Grsik , dan analsa data menggunakan statistik Product Moment

                        Hasil penelitian : Berdasarkan pembahasan dan analisa data hasil penelitian sebagai berikut: 1).Hasil gambaran analisa angket dari variabel manajemen keuangan  diperoleh 7,2 bearti termasuk kategori cukup pelaksanaan Manajeman Keuangan  di SD Negeri Telukjatidawang Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik 2).Hasil gambaran analisa variabel prestasi hasil belajar diperoleh 7,1 berarti termasuk kategori cukup pelaksanaan prestasi hasil belajar di SD Negeri Telukjatidawang Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 3).Hasil penelitian tentang Pengaruh Manajemen Keuangan terhadap prestasi hasil belajar  siswa kelas 5 SD Negeri Telujatidawang Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dengan menggunakan korelasi product moment untuk N = 40 dengan taraf signifikan 5 % diketahui      r  tabel  0,312 , sedangkan hasil perhitungan peneliti dihasilkan r hitung 0,9835 maka dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan.

Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas  , CTL ,  Prestasi Belajar, dan SDN Paromahan Kabupaten Gresik.


DOI :10.5281/zenodo.3472168


Referensi

Arikunto Suharsimi (1982), Pengelolaan Kelas dan siswa, Jakarta, PT Rya Grafindo Persada

Arikunto Suharsimi (1993) Prosedur Penelitian, sauatu Pendekatan Praktek, Jakarta,PT.Bina Akara

Hadi Sutrisno (1993), IStatistik Jilid I,Yogjakarta,Fakultas Psikologi UGM

Bakri djamarah, (1985) PStrategi Belajar Mengajar, Banjarmasin,Rineke Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Manajemen Keuangan. Materi Pelatihan Terpadu untuk Kepala Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Lanjutan Tingkat Pertama

Direktorat Pendidikan Dasar. 1995/1996. Pengelolaan Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar. Ditdikdasmen Depdikbud

Efendi Usman (1985), Pengantar Psikologi, , Bandung, Angkasa.

Imron, Ali. 2004. Manajemen Keuangan Berbasis Sekolah. Dalam Maisyaroh dkk, 2004. Perspektif Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Kadarman, A.M. dan Udaya, Jusuf. 1992. Pengantar Ilmu Manajemen: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 056/U/2001 tentang Pedoman Pembiayaan Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah. Jakarta: CV Tamita Utama

Pemerintah Kota Malang. 2002. Kutipan Buku Pedoman Kerja dan Penekanan Tugas. Malang: Dinas Pendidikan Kota Malang

M.Ngalim Purwanto (1995),Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis,Bandung,PT.Remaja Rosda Karya.

Manullang, M. 1990. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mardiana Z,( 1998 ) Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar, Surabaya,Institut Keguruan dan Ilmu pendidikan,Surabaya.

Noeh Nasution (1991) Psikologi Pendidikan, Jakarta, Depdikbud.

Supriadi, Dedi. 2004. Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sutarsih, Cicih. Tanpa tahun. Administrasi Keuangan Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.

Swastha, Basu. 1985. Azas-azas Manajemen Modern. Yogyakarta: Liberty.

Suharsimi Arikunto,(1991), Prosedur Penelitian,Yogjakarta PT.Reneka Cipta.

Surachmad Winarno (1989),Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung, Jamars.

Sudirman,N,(1991), Ilmu pendidikan,bandung,PT.Rosda Karya.

Timan, Agus, Maisyaroh, Djum Djum Noor Benty. 2000. Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: AP FIP UM

Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Tamita Utama

Undang-undang No 22 tahun 1999, yang direvisi dengan Undang-undang No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Widjanarko, M. dan Sahertian, P.A. 1996/1997. Manajemen Keuangan Sekolah. Bahan Pelatihan Manajemen Pendidikan bagi Kepala SMU se- Indonesia di Malang

Wijaya Cece (1991),Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT.Remaja Rosda Karya.

…………..(1981) Pengantar Dasar-dasar Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional Cetakan ke III.

…………..(1996) Belajar dan Pembelajaran Universitas, Surabaya,IKIP Surabaya.

…………..(1991) Menjadi Guru Profesional, Bandung PT.Rosda Karya

File Tambahan

Diterbitkan

15-06-2017

Cara Mengutip

Syahriyanto, S. (2017). PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN CTL TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SDN TELUKJATIDAWANG KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK. Jendela Pendidikan : Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.55129/jp.v6i2.536