PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH SECARA SISTEMATIS SEBAGAI UPAYA KEBERHASILAN PENDIDIKAN

Penulis

  • eviy aidah fithriyah
  • Slamet Hariyadi

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v6i1.318

Abstrak

Dalam penyelenggaraan pendidikan, pengelolaan administrasi sekolah yang baik sangat dibutuhkan untuk dapat memberikan pelayanan kepada pihak-pihak terkait dan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Ketepatan, keakuratan dan kecepatan penyajian data/informasi merupakan faktor penting dalam mengelola administrasi yang baik. Salah satu tugas tenaga administrasi sekolah dalam suatu instansi pendidikan adalah surat menyurat, karena itu administrasi sekolah sering disebut pekerjaan tulis menulis yang menghasilkan surat dan kemudian terkumpul menjadi arsip. Pengelolaan surat menyurat perlu diterapkan untuk masing-masing instansi pendidikan, karena merupakan sumber data atau informasi yang bermanfaat untuk kemajuan instansi pendidikan tersebut secara maksimal. Sumber data atau informasi yang digunakan adalah surat.


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pengelolaan administrasi surat menyurat di SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan, 2) Sarana apa saja yang digunakan dalam pengelolaan surat menyurat, 3) Kendala-kendala apa yang dihadapi dalam pengelolaan surat menyurat.

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengelolaan administrasi surat menyurat di SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan. 2) Untuk mengetahui sarana apa saja yang digunakan dalam pengelolaan administrasi surat menyurat. 3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang terjadi dalam pengelolaan administrasi surat menyurat.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pengelolaan surat menyurat di SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan bisa dikatakan berjalan dengan baik dan lancar karena seluruh kegiatan surat menyurat di SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan mengacu pada Peraturan Bupati Pasuruan Nomor : 40 Tahun 2011 Tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Meskipun masih terdapat kekurangan, Perlu segera dilakukan pelatihan mengenai pengelolaan sura menyuratt. Sarana untuk pengelolaan surat menyurat harus dalam keadaan baik dari segi kualitas dan kuantitas agar pengelolaan surat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu sarana yang digunakan dalam pengelolaan surat menyurat di SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan masih harus ditambah agar pengelolaan surat dapat ditangani dengan baik. Kendala yang ada yaitu kurangnya kontrol terhadap beredarnya surat di dalam kantor. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar pengelola surat meningkatkan kontrol terhadap beredarnya surat di dalam kantor, sehingga tidak ada surat yang belum diarsipkan karena masih berada pada pembuat surat dan dalam pengembalian surat agar selalu melalui sepengetahuan pengelola surat dan disimpan pengelola surat.
Kata Kunci : Pengelolaan dan Administrasi Sekolah

Referensi

Wursanto, Ignatius. 2003, Kearsipan I.Yogyakarta : Kanisius

Barthos, Basir. 2005. Manajemen Kearsipan.Jakarta : Bumi Aksara

Silmi, Sikka Mutiara. 2004. Panduan Menulis Surat Lengkap. Yogyakarta

: Absolut

A.W Widjaja. 2002. Administrasi Kearsipan: Suatu Pengantar. Jakarta :Raja

Moekijat. 2001. Tata Laksana Kantor. Bandung : Alumni

Gie, The Liang. 2003. Kamus Administrasi Perkantoran. Yogyakarta : Nurcahaya

Amsyah, Zulkifli. 2005. Manajemen Kearsipan. Jakarta : Gramedia

Pustaka Utama

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka

Poerwadarminta. 2006. KUBI. Jakarta : Balai Pustaka

Syamsi, Ibnu. 2008. Sistem dan Prosedur Kerja. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiarto, Agus. 2005. Manajemen Kearsipan Modern. Yogyakarta : Gava Media

File Tambahan

Diterbitkan

15-12-2016

Cara Mengutip

fithriyah, eviy aidah, & Hariyadi, S. (2016). PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH SECARA SISTEMATIS SEBAGAI UPAYA KEBERHASILAN PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.55129/jp.v6i1.318