Implementasi Kedisiplinan Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 1 Gondangwetan

Penulis

  • Joni Suparman Universitas Gresik
  • Hasbullah
  • Andjar Zunanto
  • Rani Maulidia
  • Sri Wahyuni Masudah

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1666

Abstrak

Kondisi pandemi COVID-19 memaksa SMP Negeri 1 Gondangwetan melaksanakan program belajar dari rumah secara daring. Meskipun demikian, penerapan kedisiplinan terhadap siswa harus diterapkan agar siswa berkarakter dan menghasilkan prestasi belajar yang bernilai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kedisiplian, hambatan, dan upaya dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Gondangwetan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif.Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara dan dokumentasi di sekolah tersebut. Penerapan kedisiplinan dalam proses pembelajaran daring dikatakan berhasil dan sukses. Meskipun ada beberapa hambatan yang dialami oleh guru dan siswa, tetapi bisa diatasi dengan baik dengan disiplin, langkah pemecahan masalah yang kreatif dan inovatif. Siswa mulai terbiasa dengan pembelajaran daring dan tertib. Hasil belajar siswa dibilang membanggakan dan semua tugas diberikan oleh guru dikerjakan dengan baik.

File Tambahan

Diterbitkan

17-06-2022

Cara Mengutip

Suparman, J., Hasbullah, Zunanto, A. ., Maulidia, R. ., & Wahyuni Masudah, S. . (2022). Implementasi Kedisiplinan Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 1 Gondangwetan. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 158–163. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1666

Terbitan

Bagian

Volume 11 Nomor 2 Bulan Juni 2022