Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Penulis

  • Ariska Al Habib Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Bagus Mahendrata
  • Milatul Hasanah
  • Rifka Fitria

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1627

Abstrak

Minat belajar yang besar dapat mendorong siswa menghasilkan prestasi yang tinggi , sebaliknya minat belajar yang rendah akan menghasilkan prestasi yang rendah pula. Oleh karena itu, minat belajar dapat membuat siswa mendapatkan pengetahuan dan pencapaian pemahaman materi pembelajaran yang dilakukan di sekolah sehingga hal tersebut merupakan faktor yang sangat penting dalam keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam memperoleh prestasi belajar biologi di SMAN 1 Jember pada tahun ajaran 2021/2022 semester genap. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan ensiklopedia dengan menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari

lima tahap, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pada tahapan analisis ini dilakukan pengamatan dan identifikasi serta pengumpulan data melalui

studi perumusan indikator pembelajaran, awal. Pada tahapan desain dilakukan tujuan memilih referensi ensiklopedia

dengan menggunakan studi kepustakaan melalui buku-buku cetak maupun elektronik atau jurnal yang sesuai dengan materi, pada tahapan pengembangan dilakukan uji lapang serta revisi dengan melibatkan penilaian pihak ahli pada produk yang telah dikembangkan. Pada tahapan implementasi peneliti menerapkan media ensiklopedia yang sudah dikembangkan sehingga dihasilkan grafik minat belajar, tingkat minat belajar siswa dan frekuensi kriteria minat belajar. Tahapan yang terakhir yaitu evaluasi untuk penyempurnaan produk. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbentuk ensiklopedia. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan terhadap tingkat minat belajar siswa

Referensi

Akmal, Tantangan Guru Biologi Dalam Bingkai Era Industri 4.0 Biology Teachers’ Challenges Within The Frame Of Industrial Era 4.0. (Prosiding Seminar Nasional Biologi Vi, 1(1), 85–93. 2019)

Fauzi, Imron. Etika Profesi Keguruan, (Jember: IAIN Jember Press, 2019)

Hafzah, Nuur, Kamila Puri Amalia, Eka Lestari, Nurul Annisa, Utut Adiatmi, and Much Fuad Saifuddin,

“Meta-Analisis

Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologi Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0” BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6, no. 04 (2020): 541-549. https://onlinejournal.unja.ac.id/biodik

Julianti, Reni, revis asra and upik yelianti,

“Pengembangan

Ensiklopedia Tumbuhan Obat Masyarakat Kerinci Sebagai Sumber Belajar Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa SMA” BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 7, no. 01 (2021): 13-22. https://onlinejournal.unja.ac.id/biodik

Kartika, Sinta, “Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no 1 (2019): 114-126. https://doi.org/10.36667/jppi.v7 i1.360

Masrucha, Nining, I Gusti Ayu Agung Sinta Diarini, I Wayan suryanto, “Penerapan Model Pembelajaran Project Base Learning melalui Media Vlog Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa” Cetta : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no 3 (2021): 635643.

http://jayapanguspress.penerbit. org/index.php/cetta

Noviar, Dian, “Pengembangan Ensiklopedi Biologi Mobile Berbasis Android Materi Pokok Pteridophyta Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013” Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Cakrawala Pendidikan , No. 2 (Juni 2016): 198-207.

Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi, “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1, no. 1

(2016): 128.

https://doi.org/10.17509/jpm.v1 i1.3264.

Nuriana, P. F. D, Pengaruh Model Pembelajaran

Reciprocal Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Al Maarif Tulungagung Pada Materi Bentuk Aljabar. (Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2019)

Ramadani, Shefa Dwijayanti,

Mas’udhatul Qibtiyah, “Apakah Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dapat Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA?” BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 07, no. 03 (2021): 123132.

https://onlinejournal.unja.ac.id/biodik

Syah, M, Psikologi Belajar. (Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu, 1999) Trihendardi, C, Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. (Yogyakarta: ANDI, 2013)

Anwar, Syaiful, Frans Eduward Schadaw, dan Althafani. 2018. “PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BAHASA SUNDA UNTUK ANAK – ANAK METODE ADDIE.” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer Vol 3(2) 195-202.

Purnamasari, Nurna L. 2019. “METODE ADDIE PADA PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN TIK.” JURNAL PENA SD VOLUME 05(1) 2331.

Sahfitri, Aryuanindya, dan Sari Hartini. 2019. “Metode ADDIE Pada Aplikasi Interaktif Mengenal Bagian Tubuh Manusia Dua Bahasa Untuk Anak Sekolah Dasar.”

PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA.”

Varia Pendidikan, Vol 30(1) 79-83.

Tegeh, I Made, dan Kirna. I Made. 2013. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DENGAN ADDIE MODEL .” Journal IKA Vol 11(1) 20-26. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3(2) 141-152.

Sari, Rona Taula, dan SIska Anggreni. 2018. “PENERAPAN MODEL

Tegeh, I Made, I Nyoman Jampel, dan Ketut Pudjawan. 2015. “PENGEMBANGAN BUKU AJAR MODEL PENELITIAN PENGEMBANGAN DENGAN MODEL ADDIE.” SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF IV 208-216.

File Tambahan

Diterbitkan

17-06-2022

Cara Mengutip

Al Habib, A., Mahendrata, B., Hasanah, M., & Fitria, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 212–222. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1627

Terbitan

Bagian

Volume 11 Nomor 2 Bulan Juni 2022