UPAYA MENINGKATKANEFEKTIFITASPEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI KOLABORASI TIM PROJECT BASED LEARNING TEMATIK

Penulis

  • Yayuk Sudarwati
  • ,Prapti, Melinda, Silvia, Pujiastuti

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i1.1584

Abstrak

Dalam upaya meningkatkan mutupembelajaran SMPN 1 Beji Kabupaten Pasuruan membentuk tim pembelajaran Project Base Learning Tematik atau PjBL Tematik. Berdasarkan hasil analisa kebutuhan selama PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh) selama masa pandemic Covid- 19 maka perlu adanya manajemen  pembelajaran yang baik.PjBL tematik melalui google classroom (GC) ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan mengatasikendala PJJ.Metode yang dipilih dengan membentuk tim PjBL guru. Kolaborasi 4 sampai 10 guru berbeda mata pelajarandalam 1 timuntuk mengatasi kesenjangan masalah pemanfaatan IT dalam pembelajaran di kalangan guru. Siswa yang tidak memiliki HP dan Laptop digabungkandalamtimkelompok project dengan rumah siswa yang relative berdekatan. Kendala PJJ pada awal masa pandemic; pembelajaran menggunakan teks WA tidak efektif, 25 % guru gaptek, 20%siswa tidak mempunyai HP untuk PJJ, tidak mampu membeli pulsa, lokasi siswa bermasalah dengan sinyal. HasilkerjatimPjBLtematikKendala proses belajar dapat teratasi dengan pelaksanaan PjBL Tematik. Mutu pembelajaran meningkatdengan indicator kehadiran siswanaik 20%, jumlah pemenuhan tugas mencapai rata-rata 95%, dapatmendorongkembaliketrampilan 4C siswa (Critice, Creative, Colaborative, Comunicative). PelaksanaanPjBLtematikdapatmeningkatkanmutupembelajaranjarakjauh

 

UPAYA MENINGKATKANEFEKTIFITASPEMBELAJARAN JARAK JAUH   MELALUI KOLABORASI TIM  PROJECT BASED LEARNING TEMATIK

Diterbitkan

01-01-2022

Cara Mengutip

Sudarwati, Y., & Silvia, Pujiastuti, ,Prapti, M. (2022). UPAYA MENINGKATKANEFEKTIFITASPEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI KOLABORASI TIM PROJECT BASED LEARNING TEMATIK. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(1), 81. https://doi.org/10.55129/jp.v11i1.1584

Terbitan

Bagian

Volume 11 No. 1 Bulan Desember 2021