Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Metode Gallery Walk di SMK Negeri 2 Magelang

Penulis

  • Evi Santi Sasandaru

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v9i2.1149

Abstrak

Metode pembelajaran konvensional disinyalir menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa Kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP-2) pada Mata Pelajaran (Mapel) Otomatisasi dan Tata Kelola (OTK) Sarpras di SMK N 2 Magelang. Dalam metode tersebut siswa masih kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran dan cenderung berorientasi pada teacher center. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII OTKP-2 pada Mapel OTK Sarpras dengan menggunakan metode gallery walk. Penelitian dilakukan melaui observasi dan kuesioner untuk mendapatkan data hasil belajar siswa didukung dengan catatan harian oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai prasiklus kategori lulus baik dan amat baik mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai pre test kategori baik meningkat sebesar 10% dan amat baik meningkat 18,5%, sedangkan pada siklus II kategori baik nilai pre test 15% pos tes 37,5%, sedangkan nilai amat baik pada siklus II pre test 80% dan pos tes 95% berarti terjadi peningkatan untuk kategori baik sebesar 70% sedangkan kategori nilai amat baik meningkat sebesar 65% dari 15% pada siklus I meningkat 80% pada siklus II. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan ari 67,5% siklus I menjadi 95% siklus II. Pembelajaran dengan metode gallery walk mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam praktik bermain peran sebagai pendemonstrasi yang memamerkan hasil (gallery) dan sebagai pemerhati. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengamatan pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut, yaitu keaktifan siswa pada siklus I 75% sedangkan siklus II 90% meningkat 15%. Pembelajaran dengan metode gallery walk mampu meningkatkan kerjasama antar siswa pada saat memamerkan (gallery) hasil kerja kelompok. Kerjasama antar siswa meningkat dari 80,05% siklus I menjadi 87,5% meningkat sebesar 7,5%. Saat menggunakan metode gallery walk guru hendaknya memperhatikan faktor psikologis siswa dan mampu menyusun skenario pembelajaran dengan kreatif agar pembelajaran tidak membosankan bagi Siswa. Sekolah hendaknya menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran seperti audio dan tempat praktek yang lebih memadai.

Referensi

Azizah, R., 2010, Efektivitas Penerapan Metode Gallery Walk (Pameran Berjalan) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Qur'an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri Lamongan, Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya, Vol. 1. No. 1.

Defira, R.O., 2017, Penerapan Metode Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Hidrokarbon dan Minyak Bumi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Tapung Hulu, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Depdiknas, 2013, Kurikulum SMK Edisi 2013, Jakarta: Depdiknas.

Handayani, R., 2018, Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Gegesik, Jurnal Universitas Kuningan, Vol. 10 No. 2.

Margono, 2002, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Nuraida, 2018, Implementasi Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas X SMK Negeri 2 Langsa (Studi Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK N 2 Langsa), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1.

Nuraini, N.D., 2019, Penerapan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fikih di MA Hasyim Asy'ari Bangsri Sukodono Sidoarjo, Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sari, D.R., 2014, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Strategi Pailkem Metode Gallery Walk, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 2, No. 1.

Septiyati, N., 2016, Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa, Jurnal UIN Walisongo Semarang, Vol. 1. No. 2.

Silberman, M.L., 2006, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nuansa.

Suparti, T.P., 2016, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Gallery Walk dalam Pembelajaran Konsep Kelistrikan, Jurnal Pendidikan Saint, Vol 5. No. 2.

Tsani, U.L., 2016, Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Metode Gallery Walk pada Pembelajaran Materi Sel di SMA, Journal of Biology Education. Vol. 5 No. 2.

Yusnidar, 2014, Penerapan Metode Gallery Walk untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Analytical Exposition Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA-1 MAN Model Banda Aceh, STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.

File Tambahan

Diterbitkan

10-12-2020

Cara Mengutip

Sasandaru, E. S. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Metode Gallery Walk di SMK Negeri 2 Magelang. Jendela Pendidikan : Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 1. https://doi.org/10.55129/jp.v9i2.1149

Terbitan

Bagian

Volue 10 Nomor 1 Terbitan bulan Desember 2020