EFEKTIFITAS METODE SNOWBALL THROWING DENGAN METODE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT 12 NERVUS KRANIAL PADA MAHASISWA PRODI ILMU KEPERAWATAN

Penulis

  • Anik Supriani STIKES Dian Husada Mojokerto
  • Linda Presti Fibriana STIKes Dian Husada Mojokerto, Indonesia
  • Rizal Fiqi
  • Nanik Nur Rosyidah STIKes Dian Husada Mojokerto
  • Kiftiyah Kiftiyah STIKes Dian Husada Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v10i2.911

Abstrak

Pembelajaran persarafan yang identik dengan menghafal memerlukan suatu teknik mengingat khusus dengan penekanan atau pelatihan kemampuan mengingat untuk mengoptimalkan memori dan daya ingat mahasiswa agar lebih mudah memahami selama proses pembelajaran. Adanya permasalahan mahasiswa dalam mengingat 12 nervus kranial yang disampaikan dosen, sehingga peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode Snowball Throwing dan metode Take and Give. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode Snowball Throwing dan metode Take and Give terhadap kemampuan mengingat 12 nervus kranial.

Desain penelitian menggunakan Quasy Experimen Design, dengan pendekatan pre-post Two Group Design, sampe penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling. Populasi berjumlah 67 responden dari kelas 2A dan 2B. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan tingkat 2 Stikes Dian Husada Mojokerto sebanyak 56 responden, unutk kelas 2A berjumlah 28 repoden dan kelas 2B berjumlah 28 responden. Variabel independen metode Snowball Throwing dengan metode Take And Give, variabel dependen  kemampuan mengingat 12 Nervus Kranial.

Hasil uji wilcoxon  menunjukkan bahwa antara metode Snowball  Throwing dan Take And Give diketahui nilai signifikan yaitu 0,000 maka hipotesis penelitian H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil uji Independent T-test  menunjukkan bahwa antara metode Snowball  Throwing dan Take And Give diketahui nilai signifikan yaitu 0,053 maka antara metode Snowball Throwing dan Take And Give sama-sama efektif.

Hasil penelitian antara metode Snowball Throwing dan metode Take And Give sama – sama efektif terhadap kemampuan mengingat 12 nervus kranial. Diharapkan dosen di Stikes Dian Husada Mojokerto lebih sering memberikan metode Snowball Throwing dan metode Take And Give dalam pembelajaran 12 nervus kranial pada mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan tingkat 2 Stikes Dian Husada Mojokerto.

Kata Kunci:  Metode Snowball Throwing, Metode Take And Give, Mengingat, 12 Nervus Cranial

DOI: 10.5281/zenodo.3573286

Biografi Penulis

Anik Supriani, STIKES Dian Husada Mojokerto

Keperawatan Medikal Bedah, Ketua LPPM

Linda Presti Fibriana, STIKes Dian Husada Mojokerto, Indonesia

Keperawatan Medikal Bedah

Rizal Fiqi

STIKes Dian Husada Mojokerto

Nanik Nur Rosyidah, STIKes Dian Husada Mojokerto

Prodi DIII Kebidanan

Kiftiyah Kiftiyah, STIKes Dian Husada Mojokerto

Prodi DIII Kebidanan

Referensi

Agus, Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya : pustaka belajar

Asrori. (2010). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara

Black, J dan Hawks, J. (2014). Keperawatan Medikal Bedah: Manajemen Klinis untuk Hasil yang Diharapkan. Dialih bahasakan oleh Nampira R. Jakarta: SalembaEmban Patria.

Brunner and Suddarth. (2002). Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah. Jakarta: Kedokteran EGC.

Hamzah B.Uno. (2011). Model pembelajaran: menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. (2011). Pembelajaran Inovatif (Refrensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada

Komalasari, K (2013). Pembelajaran Kontekstual, konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Martinis Yamin. (2010). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Rahayu, Puji. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bidang Studi Geografi Materi Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas XI IPS Semester I SMAN Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM

Syaifuddin, (2009). Anatomi Tubuh Manusia untuk Mahasiswa Keperawatan : Jakarta: Salemba Medika

Sutikno, Sobry. (2014). Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.

Yohana, Ratih. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa kelas VIIIA SMPMuhammadiyah 4 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIS UM

Unduhan

Diterbitkan

30-11-2019

Cara Mengutip

Supriani, A., Fibriana, L. P., Fiqi, R., Rosyidah, N. N., & Kiftiyah, K. (2019). EFEKTIFITAS METODE SNOWBALL THROWING DENGAN METODE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT 12 NERVUS KRANIAL PADA MAHASISWA PRODI ILMU KEPERAWATAN. Journals of Ners Community, 10(2), 264–276. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v10i2.911