ANALISA KEKUATAN PAPAN BANGUNAN FIBRE CEMENT KALSI PRODUKSI PT. ETERNIT GRESIK

Authors

  • Bana Ervadius Universitas Gresik
  • Fatkhul Amin Universitas Gresik

Abstract

Kayu adalah salah satu bahan bangunan yang sangat penting dalam beberapa konstruksi. Tetapi kita tahu bahwa kayu saat ini semakin susah untuk didapatkan. Penebangan dan pembakaran hutan untuk kepentingan oknum tertentu membuat luas wilayah hutan di Dunia bahkan di Indonesia sendiri semakin sempit. Maka dari itu seorang konsumen dan perencana bangunan harus mencari bahan alternatif sebagai pengganti kayu yang memiliki fungsi dan kualitas yang sama bahkan lebih baik. Dengan demikian, maka papan bangunan fibre cement banyak dipilih oleh konsumen untuk sebuah bangunan, mulai dari rumah tinggal sederhana, perumahan, apartemen, pusat perbelanjaan, bahkan gedung tinggi pencakar langit banyak menggunakan aplikasi dari bahan material tersebut.

Metode Pengujian Untuk Menentukan MOR (modulus of rupture)/Bending Strength, Density dan Water Permeability pada papan bangunan Fibre Cement berdasarkan ISO 8336.

Pada pengujian ini diketahui bahwa hasil bending strength produk Kalsi PT. Eternit Gresik telah memenuhi standart ISO 8336. Batas maksimal bending strength menurut ISO 8336 adalah 13,5 sedangkan hasil uji menunjukkan hasil rata-rata 10,5. Batas maskimal density menurut ISO 8336 adalah 1,30 sedangkan hasil uji menunjukkan hasil rata-rata 1,25. Hasil uji water permeability menunjukkan permukaan basah tetapi tidak bocor, yang artinya produk Kalsi PT. Eternit Gresik memenuhi standart ISO 8336. 

Kata kunci: kalsi, kekuatan, papan, fibre

10.5281/zenodo.3633476 

Published

2017-12-22

How to Cite

Ervadius, B., & Amin, F. (2017). ANALISA KEKUATAN PAPAN BANGUNAN FIBRE CEMENT KALSI PRODUKSI PT. ETERNIT GRESIK. Wahana Teknik, 6(2). Retrieved from https://journal.unigres.ac.id/index.php/WahanaTeknik/article/view/751