STUDI HARGA AIR PADA BENDUNGAN SELOREJO KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG

Authors

  • Dandy Nugroho Universitas Gresik

Abstract

Banyaknya sedimen dari hulu sungai yang menumpuk pada Bendungan Selorejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang menjadi masalah yang harus ditanggulangi. Tumpukan sedimen tersebut mengakibatkan tampungan air pada bendungan berkurang, sehingga mengurangi kinerja pasokan pembangkit listrik tenaga air dan irigasi untuk masyarakat. Studi ini dilakukan untuk mengetahui berapa rupiah harga jual air untuk pembangkit listrik yang harus dibayar oleh PJB dan harga jual air untuk irigasi yang nantinya akan ditanggung oleh petani untuk biaya operasional dan pemeliharaan Bendungan Selorejo.

Penelitian dimulai dengan menganalisa besar biaya–biaya yang ada, yakni terdiri dari biaya konstruksi awal pembangunan, biaya PLTA, biaya operasional dan pemeliharaan rutin serta biaya echosounding. Setelah itu dilakukan analisa manfaat yang pada akhirnya menghasilkan analisis ekonomi yang terdiri dari B/C, B-C, IRR, dan Analisa sensitivitas dengan tingkat suku bunga 11%.

Menurut data yang diperoleh, harga air pada alternatif 1 yaitu berdasarkan Rencana Kerja Operasional Perusahaan (RKOP) pada tahun 2009 secara ekonomi mengalami kerugian, dengan harga PLTA sebesar Rp.72,6 per kWh dan pada kondisi eksisting irigasi tidak dikenakan biaya. Karena harga air pada alternatif 1 (RKOP) secara ekonomi tidak layak, maka dilakukan alternatif 2 untuk menaikkan harga air agar tidak mengalami kerugian (dilihat dari nilai B/C > 1). Dengan mempertimbangkan segi ekonomi konsumen, dimana pada alternatif 2 memiliki nilai IRR dan B/C terbesar dan memberikan manfaat yang maksimal, maka setelah melalui analisis ekonomi, harga air yang layak adalah sebagai berikut: 1) Harga jual air untuk PLTA sebesar Rp. 414,00 per kWh dan harga jual air untuk irigasi sebesar Rp. 200,00/m3 pada kondisi normal atau kondisi yang paling mínimum, dengan nilai B/C > 1, B-C = Rp. 50.794.386.096, IRR = 11,1%.

Kata Kunci: harga air, B-C, B/C, IRR, dan Analisa Sensitivitas

10.5281/zenodo.3700923

Published

2013-06-01

How to Cite

Nugroho, D. (2013). STUDI HARGA AIR PADA BENDUNGAN SELOREJO KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG. Wahana Teknik, 2(1). Retrieved from https://journal.unigres.ac.id/index.php/WahanaTeknik/article/view/489