Manajemen Risiko pada Pekerjaan Struktur Bawah Proyek Apartemen Gunawangsa Gresik

Authors

  • Bowo Leksono Universitas Gresik
  • Ikhtisholiyah Universitas Gresik
  • Muhammad Muhammad Universitas Gresik

Abstract

Pekerjaan struktur bawah merupakan bagian vital dari pekerjaan proyek apartment Gunawangsa Gresik. Kestabilan gedung sangat ditentukan oleh hasil pekerjaan di lapangan proyek gedung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi resiko yang mungkin terjadi pada pekerjaan sub-structure gedung.

Dari analisa didapatkan risiko yang kemungkinan besar terjadi dan menimbulkan dampak yang signifikan terhadap risiko tersebut adalah (sesuai dengan rangking), adanya perubahan desain/spesifikasi, kekurangan tempat penyimpanan material, produktifitas tenaga kerja yang rendah, tidak diterimanya pekerjaan oleh owner, timbulnya kemacetan disekitar lokasi proyek,kerusakan yang terjadi di daerah sekitar pada saat pemancangan, perubahan jadwal pelaksanaan pekerjaan Sedangkan risiko-risiko yang kemungkinan besar terjadi dan menimbulkan dampak yang signifikan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan hasil analisis, terdapat 5 potensi risiko dalam, yaitu masing-masing pada gangguan masyarakat sekitar, potensi hujan, jalan depan proyek kotor, ketidaklurusan pemancangan, dan kesalahan titik pengeboran pondasi tiang pancang. 2) Berdasarkan poin no. 1 dan pembahasan sebelumnya, maka faktor internal teknis (metode, teknologi, dan kompleksitas), internal non teknis (manajemen, schedule), eksternal terprediksi (inflasi, lingkungan, cuaca), dan eksternal tak terprediksi (bencana alam) mempengaruhi level risiko. 3) Respon yang dilakukan pada risiko-risiko dominan tersebut berupa tindakan pencegahan dan tindakan koreksi.

Kata Kunci: Manajemen, Risiko, Struktur, Bawah

10.5281/zenodo.4124625

References

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor. Yogyakarta

Render, Barry & Jay Heizer. 2004. Manajemen Operasi. Salemba Empat. Jakarta.

Soeharto, I. 1999. Manajemen Konstruksi dari Konseptual Hingga Operasional. Erlangga. Jakarta.

Sugiono. 1999. Metodologi Penelitian Administrasi. Edisi Kedua. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutrisno Hadi. 1994. Statistik dalam Basic Jilid IV. Yogyakarta. Andi Offset.

Published

2019-12-14

How to Cite

Leksono, B., Ikhtisholiyah, & Muhammad, M. (2019). Manajemen Risiko pada Pekerjaan Struktur Bawah Proyek Apartemen Gunawangsa Gresik. Wahana Teknik, 8(2), 59–66. Retrieved from https://journal.unigres.ac.id/index.php/WahanaTeknik/article/view/1124