PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII MTs AL-JAMIYATUL WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2018
DOI:
https://doi.org/10.55129/jp.v12i1.2389Kata Kunci:
Teks Eksposisi, Cooperative Integrated Reading And CompositionAbstrak
Cooperative Integrated Reading And Composition adalah bahwa terjemahan bebas dari CIRC komposisi terpadu membaca dan menulis secara koperatif kelompok. Populasi dalam penelitian ini sejumlah siswa 366 siswa. Sampel penelitian ini 68 siswa. Jenis sampel yang digunakan adalah Purposive sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara model cooperative integrated reading anda composition terhadap kemampuan menentukan struktur teks eksposisi sisw kelas VII MTs Al- Jamiyatul Washliyah Tembung. Saran bagi Siswa MTS Aljamiyatul Washliyah Tembung disarankan agar mengulangi lagi dan memahami pelajaran yang diberikan oleh guru, sehingga akan mendapatkan hasil yang bagus dan bahkan dapat meningkatkan lagi pemahaman tentang berbagai struktur-struktur teks.
Referensi
Alfiani, D. A., & Sopiyani, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 1 Tersana Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1).
Anas, S. (2009). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Barst, R., & McGoon, M. (2003). Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Badesch, D., Barst, R., Delcroix, M., McLaughlin., Olschewski, H., Sitbon, O V. and Vizza, C. 2004. Prostanoid therapy for pulmonary arterial hypertension. Jou. Cardiology, 41(12), 2119–2125.
Dewi, N. L. C. R., Putrayasa, I. B., & Darmayanti, I. A. M. (2017). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Diskusi Pada Siswa Kelas Viii. 4 Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 6(1).
Firmansyah, F. (2021). Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 589–597.
Fitriana, L. (2010). Pengaruh model pembelajaran cooperative tipe group investigation (gi) dan stad terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. UNS (Sebelas Maret University).
Halimah, A. (2014). Metode cooperative integrated reading and composition (circ) dalam pembelajaran membaca dan menulis di sd/mi. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 27–35.
Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 176–187.
Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 120–130.
Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran “sistem komputer†untuk siswa kelas x multimedia smk negeri 3 singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1).
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (Cooperative Learning: Theory, Research and Practice). Bandung: Nusa Media.
Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. ALVABETA.
Syarifuddin, A. (2011). Model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(02), 209–226.
Wibawa, F. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2).