Hubungan Lama Menjalani Metode Belajar Blended Learning Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa FK Unizar

Penulis

  • Putu Putri Megamahayani Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar, Medan, Indonesia
  • Dina Qurratu Ainin Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar, Medan, Indonesia
  • Dian Rahadianti Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar, Medan, Indonesia
  • Yolly Dahlia Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar, Medan, Indonesia

Abstrak

Covid-19 merupakan pandemi yang mempengaruhi seluruh aktivitas masyarakat. Pemerintah selama pandemi Covid-19 membuat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang mengharuskan masyarakat melakukan aktivitas dirumah salah satunya kuliah dirumah. Pada masa pandemi Covid-19 terjadi peningkatan tingkat kecemasan secara masif sebesar 25%. Peningkatan kecemasan terjadi 3 kali lebih banyak sejak pertama kali wabah Covid-19 bermunculan dibandingkan dengan sebelum terjadinya pandemi. Strategi pendidikan yang dapat disarankan ketika pandemi, yaitu dengan metode blended learning. Metode blended learning berpatok pada pembelajaran luring dan digabung dengan pembelajaran daring dapat menyebabkan beberapa ketidaknyamanan seperti peningkatan kecemasan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara lama menjalani metode belajar blended learning dengan tingkat kecemasan mahasiswa angkatan 2019 FK UNIZAR. Jenis Penelitian analitik observasiobal, desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 89 responden. Penelitian dilakukan di FK UNIZAR tanggal 20-21 Januari 2023. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Chi Square dengan batas nilai signifikansi p-value <0,05. Responden yang menjalani metode belajar blended learning 12 bulan sebanyak 12 responden (45,6%), terdapat 8 responden (9,0%) mengalami cemas ringan, 4 responden (4,5%) cemas sedang, sedangkan yang menjalani metode blended learning 24 bulan sebanyak 77 responden (53,9%) dengan 15 responden (16,9%) cemas minimal, 21 responden (23,6%) cemas ringan, 39 reponden (43,8%) cemas sedang, dan 2 responden (2,2%) cemas berat. Berdasarkan hasil analisis bivariat ditemukan hasil signifikan antara lama menjalani metode belajar blended learning dengan tingkat kecemasan dengan nilai koefisien 0,041 (p-value <0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara lama menjalani metode belajar blended learning dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa FK UNIZAR

Referensi

Al Mamun, F., dkk. (2021). Mental Disorders of Bangladeshi Students During The Covid-19 Pandemic: A Systematic Review. Psychology Research and Behavior Management, 14, 645–654. https://doi.org/10.2147/PRBM.S315961

Aulianingrum, R. D., & Rochmawati. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 198–206. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.24894

Brunier, A. (2022). Covid-19 Pandemic Triggers 25% Incrase in Prevalence of Anxiety and Depression Worldwide. World Health Organization. https://www.who.int/news/item/02-03-2022-covid-19-pandemic-triggers-25-increase-in-prevalence-of-anxiety-and-depression-worldwide

Caravaca-Sánchez, F., Aizpurua, E., & Stephenson, A. (2021). Substance Use, Family Functionality, and Mental Health among College Students in Spain. Social Work in Public Health, 36(2), 221–231. https://doi.org/10.1080/19371918.2020.1869134

Chand, S. P., & Marwaha, R. (2022). Anxiety. In Treasure Island. StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470361/

Fauzi, M. F., dkk. (2021). Stress, Anxiety and Depression Among A Cohort of Health Sciences Undergraduate Students: The Prevalence and Risk Factors. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(6), 1–14. https://doi.org/10.3390/ijerph18063269

FK UNIZAR. (2021). Buku Panduan Blok. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar.

Gaur, U., dkk. (2020). Challenges and Opportunities of Preclinical Medical Education: COVID-19 Crisis and Beyond. SN Comprehensive Clinical Medicine, 2, 1992–1997. https://doi.org/10.1007/s42399-020-00528-1

Goodwin, R. D., Weinberger, A. H., Kim, J. H., Wu, M., & Galea, S. (2020). Trends in Anxiety Among Adults in the United States , 2008 – 2018 : Rapid Increases Among Young Adults. Journal of Psychiatric Research, 130, 441–446. https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2020.08.014

Hantsoo, L., & Epperson, C. N. (2017). Anxiety Disorders Among Women: A Female Lifespan Approach. The Journal of Lifelong Learning in Psychiatry, 15(2), 162–172. https://doi.org/10.1176/appi.focus.20160042

Hasibuan, S. M., & Riyandi, T. R. (2016). Pengaruh Tingkat Gejala Kecemasan Terhadap Indeks Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 137–143. https://doi.org/10.35790/jbm.11.3.2019.26303

Kandola, A., dkk. (2018). Moving to Beat Anxiety: Epidemiology and Therapeutic Issues with Physical Activity for Anxiety. Current Psychiatry Reports, 20(8). https://doi.org/10.1007/s11920-018-0923-x

Livia Prajogo, S., & Yudiarso, A. (2021). Metaanalisis Efektivitas Acceptance and Commitment Therapy untuk Menangani Gangguan Kecemasan Umum. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 26(1), 85–100. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss1.art5

Kwak, D. W., Menezes, F. M., & Sherwood, C. (2015). Assessing the Impact of Blended Learning on Student Performance. Economic Society of Australia, 91(292), 91–106. https://doi.org/10.1111/1475-4932.12155

Osborne, L. M., Brar, A., & Klein, S. L. (2019). The Role of Th17 Cells in the Pathophysiology of Pregnancy and Perinatal Mood and Anxiety Disorders. Brain, Behavior, and Immunity, 76, 7–16. https://doi.org/10.1016/j.bbi.2018.11.015

Pramulasari, U., Suprihhartini, & MP., A. (2018). Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Mahasiswa Tahun Pertama dan Terakhir di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Repository UNIMUS. http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3107

Resubun, C. C., Kurniyanti, M. A., & Wicaksono, K. E. (2021). Respon Terhadap Pembelajaran Blended Learning di Era Pandemi Covid 19 Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa. Media Husada Journal Of Nursing Science, 2(3), 154–166. https://doi.org/10.33475/mhjns.v2i3.67

Romadhon, Y. A., & Sintowati, R. (2021). Interaksi Pengaruh Faktor Demografis, Biologis, Keluarga dan Lingkungan Kronobiologis Pada Tingkat Depresi dan Ansietas (Sebuah Studi Observasional di Indonesia). University Research Colloqium, 13, 1–10. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1412

Rosita, F. N., & Dharma, U. S. (2021). Prevalensi dan Asosiasi Antara Depresi, Kecemasan, Stres, dan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikodemensia, 20(2), 131–143. https://doi.org/10.24167/psidim.v20i2.3507

Safira, A. M., & Candrasari, A. (2021). Pengaruh Fungsi Keluarga dan Pendapatan Keluarga Terhadap Tingkat Kecemasan Remaja di Era Pandemi Covid-19 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/89849/

Santabarbara, J., dkk. (2021). Prevalence of Anxiety in the COVID-19 Pandemic: An Update Meta-Analysis of Community-based Study. Progress in Neuropsychopharmacology & Biological Psychiatry, 109. https://doi.org/10.1016/j.pnpbp.2020.110207

Santomauro, D. F., dkk. (2021). Global Prevalence and Burden of Depressive and Anxiety Disorders in 204 Countries and Territories in 2020 due to The COVID-19 Pandemic. The Lancet, 398(10312), 1700–1712. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(21)02143-7

Setyaningsih, E. (2020). Face-to-face or Online Learning: Students’ Perspectives on Blended Learning in Indonesia. Journal of English Language Studies, 5(1), 1–14. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JELS

Stewart, D. E., & Vigod, S. N. (2019). Postpartum Depression: Pathophysiology, Treatment, and Emerging Therapeutics. Annual Review of Medicine, 70, 183–196. https://doi.org/10.1146/annurev-med-041217-011106

Velden, P. G. van der., dkk. (2020). Anxiety and Depression Symptoms, and Lack of Emotional Support Among The General Population Before and During The COVID-19 Pandemic. A Prospective National Study on Prevalence and risk factors. Journal of Affective Disorders, 277, 540–548. https://doi.org/10.1016/j.jad.2020.08.026

WHO. (2022). COVID-19 pandemic triggers 25% increase in prevalence of anxiety and depression worldwide. World Health Organization. https://www.who.int/news/item/02-03-2022-covid-19-pandemic-triggers-25-increase-in-prevalence-of-anxiety-and-depression-worldwide

Yang, X., dkk. (2021). Global, Regional and National Burden of Anxiety Disorders From 1990 to 2019 Results From The Global Burden of Disease Study 2019. Epidemiology and Psychiatric Sciences, 30, 1–11. https://doi.org/10.1017/S2045796022000178

Yusuf, N. S. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Stress Akademik Pada Siswa SMA Negeri 3 Kota Makassar [UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/19054

Zainul, M. A. (2022). Hubungan Antara Kecemasan Mahasiswa dan Perkuliahan Metode Hybrid Pada Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin. Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin.

Zou, R., Xu, X., Hong, X., & Yuan, J. (2020). Higher Socioeconomic Status Predicts Less Risk of Depression in Adolescence: Serial Mediating Roles of Social Support and Optimism. Frontiers in Psychology, 11, 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01955

Unduhan

Diterbitkan

06-05-2023

Cara Mengutip

Megamahayani, P. P., Qurratu Ainin, D. ., Rahadianti, D. ., & Dahlia, Y. . (2023). Hubungan Lama Menjalani Metode Belajar Blended Learning Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa FK Unizar. Journals of Ners Community, 13(3), 476–487. Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/JNC/article/view/2702

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama