Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Jenis Bahan Baku, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Pabrik Kosmetik Dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Pelanggan

Penulis

  • Aditya Dicky Prasetya Program Magister Ilmu Kefarmasian, Universitas Pancasila
  • Sampurno Program Magister Ilmu Kefarmasian, Universitas Pancasila
  • Djoharsyah Program Magister Ilmu Kefarmasian, Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v13i2.2557

Abstrak

Keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan di mana konsumen benar-benar melakukan pembelian. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah kualitas pelayanan, harga dan variasi bahan baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan variasi bahan baku terhadap keputusan pembelian oleh pabrik kosmetik dan implikasinya terhadap kepuasan pelanggan yang bekerja sama dengan PT. Tirta Buana Kemindo. Respoden dalam penelitian ini adalah perusahaan kosmetik yang membeli bahan baku di PT. Tirta Buana Kemindo berjumlah empat puluh responden yang diambil melalui metode sensus. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diambil melalui wawancara dengan kuesioner terstruktur yang divalidasi dan telah diuji reliabilitasnya. Variabel terikat yang digunakan pada penelitian ini adalah keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan, sementara variabel bebas adalah kualitas pelayanan, harga, dan variasi bahan baku. Data dianalisis dengan metode regresi lineer berganda, menggunakan perangkat lunak statistik yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individual semua variabel bebas berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan variabel harga sebagai variabel yang berpengaruh terbesar (0.698), diikuti variasi bahan baku (0.431) dan kualitas pelayanan (0.422). Sementara itu, secara simultan, kualitas pelayanan, harga, dan variasi bahan baku memiliki kontribusi terhadap keputusan pembelian pelanggan sebesar 51,8%.

Referensi

CHERRID, M. H. (2016). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Produk Minuman Kesehatan Jahe Super di Kota Malang). University of Muhammadiyah Malang.

Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2001). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Febriyanti, K. P. H. (2018). Faktor-Faktor Positioning yang dipertimbangkan dalam Memilih Produk Mayang Collection: Studi pada Konsumen Mayang Collection Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan desrtasi ilmu manajemen.

Jamaluddin, H. (2014). PENGARUH EVALUASI KEBIJAKAN KUOTA HAJI PROVINSI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN HAJI DI WILAYAH BANDUNG RAYA. UNPAS.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis. Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian (Edisi Kedelapan, Terjemahan Arcella Ariwati Hermawan), Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga. Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.

Latief, A. (2018). Analisis pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap minat beli konsumen pada warung wedang jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99.

Murni, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Handphone Samsung Kajian Teori Perilaku Konsumen Dalam Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM), 11(2).

Najmudin, L., Syihabudin, M. S., Ma’zumi, M. A., Atiah, I. N., Sujai, S. A., & Mahira, N. (2022). Teori Planned Behavior dan Asuransi Syariah. Media Sains Indonesia.

Pratiwi, D. A. (2021). Persepsi generasi Z terhadap Fintech (financial technology) di Cikampak Tengah Kecamatan Torgamba. IAIN Padangsidimpuan.

Santoso, S., & Tjiptono, F. (2001). Riset Pemasaran: konsep dan aplikasi dengan SPSS. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

TAQWIM, M. A. (2016). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MUSLIM BELUM MENGGUNAKAN PERBANKAN SYARIAH DI KOTA MALANG. University of Muhammadiyah Malang.

Tjiptono, F. (2007). Service, quality satisfaction.

Tjiptono, F. (2008). Gregorius dan Dadi Adriana,“. Pemasaran Strategik.

Wibowo, A. A. (2019). Strategi Marketing Dengan Pendekatan Analisis Swot Di Drk Cafe Bondowoso. Retrieved October 21, 2021, From.

Widodo, W., & Kumala, M. C. (2019). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ALUMUNIUM. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2).

Unduhan

Diterbitkan

18-03-2023

Cara Mengutip

Dicky Prasetya, A., Sampurno, & Djoharsyah. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Jenis Bahan Baku, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Pabrik Kosmetik Dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journals of Ners Community, 14(2), 221–236. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v13i2.2557