PENGETAHUAN TENTANG PENULARAN HIV TERHADAP PERILAKU AKTIVITAS SEKSUAL PENDERITA HIV

Penulis

  • Taufan Citra Darmawan STIKes William Booth
  • Lina Mahayaty Program Studi Ners STIKes William Booth, Surabaya, Indonesia
  • Retty Nirmala Program Studi S1 Ilmu Keperawatan STIKes William Booth, Surabaya, Indonesia

Kata Kunci:

HIV, Pengetahuan, Perilaku Seksual

Abstrak

Program pemerintah terkait peningkatan pengetahuan masyarakat melalui edukasi HIV banyak dilakukan akan tetapi pada faktanya masih banyak peningkatan populasi HIV dari tahun ke tahun. Penderita HIV justru berakhir acuh terhadap penyakitnya dengan melakukan seks bebas. Hal tersebut akan berdampak pada makin meluasnya penularan HIV atau dapat berdampak pada makin rendahnya kualitas hidup pasien HIV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pengetahuan tentang penularan HIV dengan perilaku aktivitas seksual penderita HIV.

Penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional yang dilakukan pada 50 orang sampel penelitian. Tehnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria inklusi meliputi 1) ODHA yang menderita HIV > 1 tahun 2) ODHA yang telah memiliki keluarga 3) ODHA berusia 26 - 45 tahun. 4) ODHA yang sudah berkeluarga / menikah. Instrument penelitian ini mengukur pengetahuan dan perilaku ODHA. Lokasi penelitian berada di LSM di Surabaya dengan lama waktu penelitian 2 bulan. Pelaksanaan pengukuran dilakukan secara tatap muka langsung tanpa melibatkan pihak ketiga.

Hasil uji cross tab data didapatkan nilai signifikansi 0.009 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan tentang penularan HIV terhadap perilaku HIV. Dari hasil pengukuran juga didapatkan nilai coef corelasi 0.389, nilai ini menunjukkan kekuatan hubungan antar variable berada pada tingkat sedang (kurang kuat).

Pengetahuan tentang penularan HIV memiliki pengaruh terhadap perilaku pasien HIV dalam berhubungan seksual akan tetapi nilai hubungan yang dimiliki tidak cukup kuat dikarenakan perilaku yang positif tidak hanya dipengaruhi oleh pengetahuan tapi juga beberapa faktor lainnya sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang membandingkan masing-masing faktor yang berpengaruh.

Referensi

Afritayeni, A., Yanti, P. D., & Angrainy, R. (2018). Analisis Perilaku Seksual Berisiko Pada Remaja Terinfeksi Hiv Dan Aids. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 3(1), 69-81.

Akbar, H., Langingi, A. R. C., & Darmin, D. (2020). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Hiv/Aids Pada Remaja Di Desa Poyowa Besar 1 Kecamatan Kotamobagu Selatan. JIKI Jurnal Ilmiah Kesehatan IQRA, 8(2), 100-105.

Angela, M., Sianturi, S. R., & Supardi, S. (2019). Hubungan antara Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan HIV/AIDS pada Siswa SMPN 251 Jakarta. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 67-72.

Aziz, A. R., Efliani, D., & Redho, A. (2020). Perilaku Seksual Penderita HIV/AIDS dalam upaya pencegahan penularan di RSUD Arifin Ahmad Provinsi Riau. Jurnal Mutiara Ners, 3(2), 112-119.

Darmawan, T. C., Tjahjono, H. D., & Mahayati, L. (2021). HIPNOCARING SEBAGAI SUPPORT MODEL DALAM UPAYA PENINGKATAN PERILAKU ADAPTIF DAN PENANGANAN STRESS PADA PASIEN HIV AIDS (ODHA). Journals of Ners Community, 12(2), 175-181.

Gani, H. A., Istiaji, E., & Kusuma, A. I. (2014). Perbedaan efektivitas leaflet dan poster produk komisi penanggulangan AIDS Kabupaten Jember dalam perilaku pencegahan HIV/AIDS. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(1).

Herbawani, C. K., & Erwandi, D. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pencegahan penularan human immunodeficiency virus (hiv) oleh ibu rumah tangga di Nganjuk, Jawa Timur. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 10(2), 89-99.

Ilham, L. F., Hapsari, Y., & Herlina, L. (2020). Hubungan Pengetahuan Tentang Infeksi HIV Terhadap Perilaku Pencegahan HIV Pranikah Pada Santri SMA Sederajat di Pondok Pesantren Abu Hurairah Mataram. Jurnal Kedokteran, 9(1), 27-36.

Indaryati, S., Anggraini, N., Pranata, L., & sari Panjaitan, N. (2018). Pendidikan Kesehatan: Strategi Mencegah Perilaku Berisiko HIV/AIDS (Seks Bebas Dan Penyalahgunaan Nafza). Jurnal Abdimas Musi Charitas, 2(1), 6-11.

Marlinda, Y., & Azinar, M. (2017). Perilaku Pencegahan Penularan HIV/AIDS. JHE (Journal of Health Education), 2(2), 185-193.

Rahayu, I., & Rismawanti, V. (2017). Hubungan tingkat pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan perilaku seksual pranikah pelajar. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 2(2), 145-150.

Rohmah, S. (2019). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya, Sumber Informasi Dan Pengetahuan Terhadap Perilaku Pencegahan Hiv Aids Dikalangan Pelajar Smkn Kalinyamatan Jepara Tahun 2016. Journal of Midwifery and Public Health, 1(2).

Suarnianti, S., & Haskas, Y. (2021). Penguatan Intervensi Perilaku terhadap Pencegahan HIV pada Kelompok Berisiko: Sistematik Review. Jurnal Kesehatan Andalas, 9(4), 439-448.

Yanti, M., Yuliza, W. T., & Saluluplup, M. L. (2020). Pengetahuan, Sikap dan Pengalaman yang Berhubungan Dengan Perilaku Pencegahan HIV/AIDS Pada Wanita Pekerja Seks. JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan), 4(1), 65-71.

Yuliza, W. T., Hardisman, H., & Nursal, D. G. A. (2019). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pencegahan HIV/AIDS Pada Wanita Pekerja Seksual di Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(2), 376-384.

Wahyuni, A. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Pasien HIV/AIDS. Jurnal Mutiara Ners, 1(1), 1-10.

Unduhan

Diterbitkan

11-11-2022

Cara Mengutip

Darmawan, T. C., Mahayaty, L., & Nirmala, R. (2022). PENGETAHUAN TENTANG PENULARAN HIV TERHADAP PERILAKU AKTIVITAS SEKSUAL PENDERITA HIV. Journals of Ners Community, 13(5), 516–523. Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/JNC/article/view/1902