PENGARUH PEMBERIAN SUSU KEDELAI TERHADAP KELANCARAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI

Penulis

  • Khoiroh Umah Program Studi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik
  • Retno Twistiandayani Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik
  • Debbryna Rosa Aprilyanti Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik

Kata Kunci:

produksi Air Susu Ibu (ASI), susu kedelai

Abstrak

ASI merupakan suatu emulasi lemak dalam larutan protein, laktosa, dan garam organik yang disekresi oleh kedua kelenjar payudara dan makanan terbaik untuk bayi umur 0-6 bulan. Manfaat ASI bagi bayi adalah sebagai nutrisi, meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan mengembangkan kecerdasan. Faktor yang dapat mempengaruhi produksi ASI yaitu nutrisi dan gizi ibu yang dimakan oleh ibu. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI yaitu mengkonsumsi susu kedelai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi ASI sebelum dan sesudah diberikan susu kedelai dan menganalisis pengaruh pemberian susu kedelai terhadap kelancarsn produksi ASI pada ibu menyusui.

Penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan bentuk rancangan Two Group Pre-Post Test Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel yang diambil sebanyak 16 responden. Variabel independen adalah susu kedelai, variabel dependen produksi ASI. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample T test dan independent sample T test.

Hasil uji paired sample T test pada kelompok perlakuan yang diberi intervensi susu kedelai selama 1 minggu diperoleh nilai p=<,001 sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak diberi intervensi susu kedelai nilai p=0,009. Hasil uji independent sample T test menunjukkan (p=<,001). Nilai p<0,05 maka ada tingkat perbedaan rata-rata post test pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol.

Berdasarkan hasilnya, petugas kesehatan dapat memberikan penyuluhan kepada ibu menyusui terkait mengkonsumsi susu kedelai sebanyak 250 ml selama 1 minggu setiap pagi dan sore dapat melancarkan produksi ASI.

Referensi

Ade Febriani, N. (2020). Efektivitas Pemberian Soybean ( Glyciene Max ) Dalam Peningkatan ASI Ibu Menyusui Diwilayah Kerja Puskesmas Kota Pekanbaru. JOMIS ( Journal of Midwifery Science ).

Atabik. (2013). Faktor Ibu Yang Berhubungan Dengan Praktik Pemberian ASI Eksklusif Diwilayah Kerja Puskesmas Pamotan.

Bahiyatun. (2013). Asuhan Kebidanan Nifas Normal. Jakarta: EGC.

Dian Insana Fitri, E. (2014). Hubungan Pemberian ASI dengan Tumbuh Kembang Bayi Umur 6 bulan di Puskesmas Nanggalo. Jurnal Kesehatan Andalas.

Dr.Ir.wisnu cahyadi, M. s. (2018). Kedelai khasiat dan teknologi. (fatna yustianti, Ed.) (1,cet 5). Jakarta: Bumi aksara.

Ferial. (2013). Biologi Reproduksi. Jakarta: Erlangga.

Friedman, M. (2013). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset Teori & Praktik. Jakarta: ECG.

Maritalia, D. (2017). Asuhan Kebidanan pada Ibu NIfas. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Marmi. (2012). Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas " Puerperium care ". Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nursari A.S, E. (2020). Pijat Kombinasi Endorfin Oksitosin Mempengaruhi Produksi ASI Pada Ibu Post Operaasi Sectio Caeserea . Mahakam Midwifery Journal, 51-63.

Pramitasari. (2017). Pengembangan Kedelai Hitam untuk Ibu Menyusui. Jurnal Ilmu Pangan dan Hasil Pertanian, 1-10.

Puspitasari, E. (2018). Pemberian Susu Kedelai Terhadap Peningkatan Produksi ASI Pada Ibu Nifas Di RB Bina Sehat Bantul . Jurnal Kebidanan, 54-60.

Sufriani, R. (2017). Faktor-faktor yang mempengarui produksi ASI dengan kecukupan ASI. . Jurnal Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Tiarnida Nabiban, A. (2021). Perbedaan Pengeluaran ASI Sebelum Dan Setelah Pemberian Susu Kedelai Pada Ibu Pasca Melahirkan Di Rumah Sakit Bersalin Fatimah Medan Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5.

Wahyutri, E. (2014). The Model Of The Effect Of Husband And Peer Support With Breastfeeding Education Class For Pregnant Women on Mother's Self Efficiacy And The Process Towards Breastfeeding in Samarinda 2013. International Refereed Journal of Enginering and Science, 39-43.

Walyani. E, S. (2015). Asuhan Kebidanan Masa Nifas Dan Menyusui. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Unduhan

Diterbitkan

11-11-2022

Cara Mengutip

Umah, K., Twistiandayani , R., & Rosa Aprilyanti , D. (2022). PENGARUH PEMBERIAN SUSU KEDELAI TERHADAP KELANCARAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI. Journals of Ners Community, 13(5), 524–532. Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/JNC/article/view/1847

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>