Persepsi Murid Terhadap Penggunaan Google Classroom Di SMP Manado Independent School

Penulis

  • Linneke Silvana Novanda Bulu Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Olivia Josefien Lalamentik Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Roos Marie Stella Tuerah Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Viktory Nicodemus Joufree Rotty Universitas Negeri Manado, Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan google classroom dalam proses belajar mengajar di sekolah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrument yang di gunakan untuk pengambilan data yaitu dengan menyebar kuesioner kepada 45 murid di SMP Manado Independent School dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 14 murid laki-laki dan 31 murid perempuan. Setelah kuesioner dikumpulkan maka peneliti menganalisis dengan menggunakan interpretasi skor berdasarkan interval skala Likert. Hasil penelitian  menunjukkan presentase 71,42% yang masuk dalam kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa google classroom merupakan salah satu media yang sangat tepat untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Aplikasi google classroom mudah untuk diunduh dan digunakan. Google classroom dapat memperlancar proses belajar baik itu untuk membagikan materi pelajaran, tugas rumah, kuis, maupun ujian tanpa batas waktu. Dengan menggunakan google classroom terbuka kemungkinan bagi guru-guru dalam berkreasi dan berinovasi cara mengajar yang baik sehingga murid tertarik untuk belajar dan tidak bosan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-18

Terbitan

Bagian

Artikel