Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi “X”

Penulis

  • Hardoko Hardoko Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi SBI Yogyakarta
  • Alief Indita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi SBI Yogyakarta
  • Arief Dermawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi SBI Yogyakarta

Abstrak

Perguruan Tinggi seperti korporasi dan perusahaan harus bekerja keras untuk menjaga dan mempertahankan keberlangsungan hidupnya. Dalam penelitian ini, bauran pemasaran yang teridiri dari : produk, harga, promosi, lokasi, proses, orang dan bukti fisik dipergunakan untuk menyusun  strategi pemasaran yang handal. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keputusan mahasiswa memilih Perguruan Tinggi “X”. Koefisien determinasi (R2) hasil regresi adalah  0.508 menunjukkan bahwa  variabel bebas (produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik) mampu menjelaskan 50,8% terhadap variabel terikat (keputusan mahasiswa).  Berdasarkan nilai standardized coefficient diketahui secara parsial bahwa variabel produk memiliki pengaruh positif  dan lebih dominan dibandingkan dengan variabel lain (harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik).  Kesimpulan dari penelitian ini secara serempak strategi bauran pemasaran yang terdiri dari : produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Perguruan Tinggi “X”.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-17

Terbitan

Bagian

Artikel