Analisis Persepsi Nilai Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Whynot Coffee Bogor

Penulis

  • Faris Setyadi Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Syamsul Maarif Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Lilik Noor Yuliati Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor

Abstrak

Perubahan gaya hidup masyarakat terutama masyarakat perkotaan yang cenderung konsumtif mengakibatkan meningkatnya jumlah pengusaha untuk memenuhi keinginan konsumen. Hal tersebut juga menimbulkan berkembangnya industri coffee shop di Indonesia. Saat ini konsumen kopi tidak hanya datang ke coffee shop untuk bersosialisasi atau sekadar mengerjakan tugas saja. Konsumen kopi mulai mencari produk kopi tertentu dan pada akhirnya mencintai kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh nilai yang dirasakan dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan di Whynot Coffee. Penelitian ini dilakukan di Whynot Coffee di Bogor, Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan coffee shop yang berjumlah 145 orang. Teknik analisis menggunakan pemodelan persamaan struktural dengan program Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa utilitarian dan assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-08

Terbitan

Bagian

Artikel