Implementasi Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Suzuki

Penulis

  • Ni Ketut Kartini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin, Indonesia
  • RR. Siti Munawaroh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin, Indonesia
  • Masithah Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi bauran promosi yang sudah dilakukan dalam penjualan Mobil Suzuki, sekaligus memberikan gambaran bauran promosi yang dapat dilakukan untuk  meningkatkan volume penjualan Mobil Suzuki pada PT Mitra Megah Profitamas Cabang Batulicin Kalimantan Selatan. Penelitian ini dilakukan karena penjualan mobil Suzuki di perusahaan ini, khususnya dalam 4 tahun terakhir (2018–November 2021) belum dapat mencapai target sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data di lakukan melalui wawancara dan dokumentasi pada objek penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi bauran promosi dalam meningkatkan penjualan mobil yang dilakukan pada PT Mitra Megah Profitamas Cabang Batulicin meliputi (a) periklanan (advertising) dengan menggunakan berbagai macam media seperti spanduk, flayer, dan brosur, (b) promosi penjualan (sales promotion) dengan melaksanakan pemeran atau event di tempat strategis dan memberikan promo dan reward, (c) penjualan personal (personal selling), dengan melaksanakan kegiatan  penjualan door-to-door dan kegiatan kanvasing, serta (d) Pemasaran langsung (direct marketing) dengan menggunakan media sosial maupun website. Sedangkan implementasi bauran promosi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan penjualan mobil Suzuki pada PT Mitra Megah Profitamas Cabang Batulicin adalah (a) periklanan (advertising,) perusahaan perlu menambah media promosi iklan melalui media cetak (koran/majalah), media penyiaran (radio) serta mencetak baliho, (b) promosi penjualan (sales promotion), perusahaan perlu lebih proaktif, menyelenggarakan stand atau booth serta menerapkan kontes dan frequency program serta memberikan pelayanan yang lebih menarik dan informative, (c) penjualan personal (personal selling,  perusahaan perlu menerapkan promosi seperti mail order dan menerapkan telephone selling,(d) pemasaran langsung (direct marketing), perusahaan perlu meningkatkan promosi pada digital marketing serta meningkatkan followers di media sosial.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-07

Terbitan

Bagian

Artikel