Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Kecamatan Kebomas

Penulis

  • Tri Cicik Wijayanti Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Gajayana Malang

Kata Kunci:

Digital Marketing, UMKM, Kecamatan Kebomas

Abstrak

Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media promosi digital marketing diharapkan menjadi pilihan yang efektif untuk pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Media promosi konvensional yang banyak membutuhkan biaya dan jauh lebih rumit dengan sendirinya tidak lagi menjadi perhatian utama bagi pelaku UMKM karena adanya digital marketing.

Referensi

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, V(X), 120-142.

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota

Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Crisbiantoro, J., & Hasjad, . (2018). Pemberian Sanksi Administrasi Terhadap Disiplin Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Konawe. Ganaya: Jurnal Ilmu

Sosial Dan Humaniora, 1(1), 39–50. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/88

Darsana, I. M., & Sudjana, I. M. (2022). A Literature Study of Indonesian Tourism Human Resources Development in the Era of Society 5.0. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2691-2700.

Hasjad, H. (2020). Pengembangan Pengelolaan Dana Desa Terhadap Kesejahtraan Masyarakat Desa Di Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1), 112-125.

Mustika, M. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics),

(2), 165171.https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352

Narto, N., & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik.

Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1),48-54. https://doi.org/10.3065 6/intech.v6i 1.2195

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117127. https: //doi .org/10.31842/j urnal -inobis. v2i1.65

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Kriteria Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Unduhan

Diterbitkan

26-12-2021

Cara Mengutip

Tri Cicik Wijayanti. (2021). Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Kecamatan Kebomas. CAHAYA KAMPUS, 1(2), 42–49. Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/CahayaKampus/article/view/2594