Pengayaan Manajemen Usaha Bagi Pengurus Dan Karyawan Koperasi Simpan Pinjam
Kata Kunci:
Koperasi; Manajemen UsahaAbstrak
Pengabdian pada masyarakat dilakukan dengan tujuan memberikan pengenalan manajemen usaha bagi pengurus dan karyawan koperasi di Gresik. Pengenalan manajemen usaha diharapkan mampu meningkatkan kompetensi pengurus dan karyawan terutama dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen usaha baik dari pemasaran, keuangan maupun sumber daya manusia. Metode kegiatan ini berupa pengenalan konsep manajemen usaha dan peranannya dalam membangun keunggulan bersaing. Pengurus dan karyawan diberi pemahaman tentang fungsi-fungsi manajemen usaha baik dari pemasaran, keuangan maupun sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kemampuan pengurus dan karyawan dalam manajemen koperasi. Kegiatan PPM dilaksanakan dengan metode tatap muka. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan cara ceramah konsep-konsep fungsi-fungsi manajemen usaha dan aplikasinya dalam koperasi. Kegiatan PPM terlaksana dengan baik dan lancar. Peserta antusias mendiskusikan permasalahan manajemen yang dihadapi
Referensi
Ghemawat, P. (1990). Commitment: the dynamic of strategy. New York: Free Press
Jones, Gareth R. dan Jennifer M George. (2010). Contemporary Management.
New York: McGraw Hill.
Koontz, Harold, Cyrril O’Donnel, dan Heinz Weihrich. (2004). Management.
Singapore: McGraw Hill.
Kotler, P & Amstrong, G. (2012). Priciple of Marketing. 14Edition, New Jersey : Prentice Hall International, Inc.
Njotoprajitno, R., S. (2011). Peran Kepemimpinan, Kompetensi Sdm, Dan Pengelolaan Manajemen Dalam Peningkatan Daya Saing Koperasi Di Indonesia. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers. Vol 1 (1). ISBN: 978-979-9204-49-3
Porter, M. (1980). Competitive strategies. New York:The Free Press
Simkin,L. (1996), People and Process in Marketing Planning: The benefit of controling implementation. Journal of Marketing Management 12 : 375- 390.
Srivastava, R. K., T. A. Shervani, et al. (1999), Marketing Business Processes and Shareholder Value: An Organizationally Embedded View of Marketing Activities and the Discipline of Marketing. Journal of Marketing 63 (Special Issue): 168 - 179.
Stoner, James A.F., Edward Freeman, dan Daniel R Gilbert. (1995). Management.
New Jersey: Prentice Hall.
Varey,R.,J. (1995), A Model of internal marketing for building and sustaining a competitive service advantage. Journal of Marketing Management 11: 41- 54.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of Cahaya Kampus and the author of this article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal managemen