Pengayaan Manajemen Usaha Bagi Pengurus Dan Karyawan Koperasi Simpan Pinjam

Penulis

  • Mochamad Syafii Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gresik
  • Eko Wiji Budiarto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gresik

Kata Kunci:

Koperasi; Manajemen Usaha

Abstrak

Pengabdian pada masyarakat dilakukan dengan tujuan memberikan pengenalan manajemen usaha bagi pengurus dan karyawan koperasi di Gresik. Pengenalan manajemen usaha diharapkan mampu meningkatkan kompetensi pengurus dan karyawan terutama dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen usaha baik dari pemasaran, keuangan maupun sumber daya manusia. Metode kegiatan ini berupa pengenalan konsep manajemen usaha dan peranannya dalam membangun keunggulan bersaing. Pengurus dan karyawan diberi pemahaman tentang fungsi-fungsi manajemen usaha baik dari pemasaran, keuangan maupun sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kemampuan pengurus dan karyawan dalam manajemen koperasi. Kegiatan PPM dilaksanakan dengan metode tatap muka. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan cara ceramah konsep-konsep fungsi-fungsi manajemen usaha dan aplikasinya dalam koperasi. Kegiatan PPM terlaksana dengan baik dan lancar. Peserta antusias mendiskusikan permasalahan manajemen yang dihadapi

Referensi

Ghemawat, P. (1990). Commitment: the dynamic of strategy. New York: Free Press

Jones, Gareth R. dan Jennifer M George. (2010). Contemporary Management.

New York: McGraw Hill.

Koontz, Harold, Cyrril O’Donnel, dan Heinz Weihrich. (2004). Management.

Singapore: McGraw Hill.

Kotler, P & Amstrong, G. (2012). Priciple of Marketing. 14Edition, New Jersey : Prentice Hall International, Inc.

Njotoprajitno, R., S. (2011). Peran Kepemimpinan, Kompetensi Sdm, Dan Pengelolaan Manajemen Dalam Peningkatan Daya Saing Koperasi Di Indonesia. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers. Vol 1 (1). ISBN: 978-979-9204-49-3

Porter, M. (1980). Competitive strategies. New York:The Free Press

Simkin,L. (1996), People and Process in Marketing Planning: The benefit of controling implementation. Journal of Marketing Management 12 : 375- 390.

Srivastava, R. K., T. A. Shervani, et al. (1999), Marketing Business Processes and Shareholder Value: An Organizationally Embedded View of Marketing Activities and the Discipline of Marketing. Journal of Marketing 63 (Special Issue): 168 - 179.

Stoner, James A.F., Edward Freeman, dan Daniel R Gilbert. (1995). Management.

New Jersey: Prentice Hall.

Varey,R.,J. (1995), A Model of internal marketing for building and sustaining a competitive service advantage. Journal of Marketing Management 11: 41- 54.

Unduhan

Diterbitkan

26-12-2021

Cara Mengutip

Mochamad Syafii, & Eko Wiji Budiarto. (2021). Pengayaan Manajemen Usaha Bagi Pengurus Dan Karyawan Koperasi Simpan Pinjam. CAHAYA KAMPUS, 1(2), 31–26. Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/CahayaKampus/article/view/2592