Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Kecamatan Kebomas
Kata Kunci:
Pengenalan, Digital Marketing, UMKMAbstrak
Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media promosi digital marketing diharapkan menjadi pilihan yang efektif untuk pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Media promosi konvensional yang banyak membutuhkan biaya dan jauh lebih rumit dengan sendirinya tidak lagi menjadi perhatian utama bagi pelaku UMKM karena adanya digital marketing.
Referensi
Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, V(X), 120-142.
Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota
Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342
Crisbiantoro, J., & Hasjad, . (2018). Pemberian Sanksi Administrasi Terhadap Disiplin Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Konawe. Ganaya: Jurnal Ilmu
Sosial Dan Humaniora, 1(1), 39–50. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/88
Darsana, I. M., & Sudjana, I. M. (2022). A Literature Study of Indonesian Tourism Human Resources Development in the Era of Society 5.0. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2691-2700.
Hasjad, H. (2020). Pengembangan Pengelolaan Dana Desa Terhadap Kesejahtraan Masyarakat Desa Di Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1), 112-125.
Mustika, M. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics),
(2), 165171.https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352
Narto, N., & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik.
Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1),48-54. https://doi.org/10.3065 6/intech.v6i 1.2195
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117127. https: //doi .org/10.31842/j urnal -inobis. v2i1.65
Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Kriteria Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of Cahaya Kampus and the author of this article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal managemen