N PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI SMKS KABUPATEN TUBAN

Sarana prasarana, kompetensi guru, mutu pembelajaran

Penulis

  • Nuzulul Nurhayati

Kata Kunci:

Sarana prasarana, kompetensi guru, mutu pembelajaran

Abstrak

Beberapa faktor yang dapat menunjang tercapainya pendidikan diantaranya adalah sarana
prasarana dan kompetensi guru di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh sarana prasarana dan kompetensi guru terhadap mutu pembelajaran di
SMKS Kab Tuban. objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI serta guru dari empat
SMKS yang ada di wilayah Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat
análisis statistik. Dengan teknik pengambilan sampel secara probability sampling dengan metode
Simple Random Sampling dari populasi yang ada. Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) Sarana
prasarana berpengaruh positif terhadap mutu pembelajaran, besarnya pengaruh dapat dilihat dari
nilai koefisien regresi yaitu 0,382 dan signifikan pada α = 0,05. (2) Kompetensi guru berpengaruh
positif terhadap mutu pembelajaran dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,299 dan signifikan pada
α = 0,05. (3) Sarana prasarana dan kompetensi guru secara bersama – sama memberikan pengaruh
terhadap mutu pembelajaran dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,422 dan koefisien determinasi
(KD) sebesar 0,178 atau 17,8 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kedua variabel
independent mempunyai kontribusi sebesar 17,8 % terhadap variabel dependent. Oleh karena itu
perlu adanya kajian variabel lain untuk mengoptimalkan mutu pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-07

Cara Mengutip

Nurhayati, N. . (2020). N PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI SMKS KABUPATEN TUBAN: Sarana prasarana, kompetensi guru, mutu pembelajaran. Journal of Education Management and Learning, 3(2). Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/jemal/article/view/1539

Terbitan

Bagian

Artikel