EVALUASI PENJADWALAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE CPM DAN KURVA S

Authors

  • Irawan Agustiar Universitas Gresik
  • Ryan Handrianto Universitas Gresik

Abstract

Proyek konstruksi merupakan suatu rangakaian kegiatan yang dilaksanakan dalam satu siklus dan umumnya berjangka waktu pendek. Karena di dalam proyek konstruksi terdapat berbagai sumber daya, maka seorang manajer proyek harus dapat mengelola sumber daya tersebut secara efisien dan efektif. Subyek penelitian adalah untuk mengetahui jumlah waktu yang dapat dipercepat dan berapa besar biaya yang akan dikeluarkan. Objek penelitian ini adalah proyek pembangunan gedung perpustakaan SMKN 1 Gresik. Peneliti merasa perlu mengangkat penelitian ini karena saat ini proyek tersebut mengalami keterlambatan pekerjaan dan jika dibiarkan maka berpotensi menyebabkan durasi proyek menjadi molor.

Penelitian ini akan dilakukan penyusunan jaringan kerja dengan metode Critical Path Method (CPM), mengidentifikasi jalur kritis dan jalur non kritis dan melakukan analisa perhitungan percepatan waktu dan biaya proyek.

Hasil perhitungan menunjukkan waktu pelaksanaan normal proyek adalah 68 hari dan biaya normal sebesar Rp. 238.572.000,00, dengan menambah 3 jam penambahan jam kerja setiap hari maka dapat mempersingkat durasi proyek sebesar 6 hari dengan biaya tambahan sebesar Rp. 12.920.720,22.

Kata kunci: evaluasi, jadwal, lembur, waktu, biaya

10.5281/zenodo.3634238

References

Wahyudi, D. (2011). Analisa Manajemen Waktu Penjadwalan Proyek Pembangunan Gedung Sekolah Menggunakan Metode Activity On Node (AON) (Studi Kasus: SDN 004 Pulau Palas)

Susilo, Yayuk S. (2015). Analisis Pelaksanaan Proyek Dengan Metode CPM dan PERT (Studi Kasus Proyek Pelaksanaan Main Stadium University Of Riau (MULTIYEARS) ).

Oktarina, D. (2017). Evaluasi Penjadwalan Proyek Pengembangan Rumah SakitMitra Husada Pringsewu

Setiawati, S. (2015). Penerapan Metode CPM Dan PERT Pada Penjadwalan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Rehabilitasi / Perbaikan Dan Peningkatan Infrastruktur Irigasi Daerah Lintas Kabupaten/Kota D.I Pekan Dolok)

S, I Ketut Nudja. (2015). Analisa Program Percepatan Pada Proyek Konstruksi Dengan Metode Penambahan Jam Kerja (Studi Kasus Proyek Pembangunan Agranusa Signature Villa Nusa Dua Bali)

Nugroho, D., Saputra, A. A., & Kurdi, E. S. (2018). ANALISIS EFISIENSI WAKTU PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH DINAS KARYAWAN RS. IBNU SINA GRESIK MENGGUNAKAN METODE CPM. Wahana Teknik, 7(2).

Published

2018-12-06

How to Cite

Agustiar, I., & Handrianto, R. (2018). EVALUASI PENJADWALAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE CPM DAN KURVA S. Wahana Teknik, 7(2), 99–105. Retrieved from https://journal.unigres.ac.id/index.php/WahanaTeknik/article/view/788