ANALISA PENGARUH PERBEDAAN LETAK POMPA SENTRIFUGAL TERHADAP KAPASITAS POMPA

Sunarto Sunarto, Slamet Anwar

Sari


Pompa merupakan suatu mesin yang digunakan untuk mengangkat air dari tempat bertekanan rendah ke tempat bertekanan tinggi. Bermacam-macam perbedaan tekanan yang dikehendaki menyebabkan kapasitas pompa yang bervariasi. Salah satu variabel yang menyebabkan perbedaan kapasitas pompa ialah perbedaan letak pompa dengan pertukaran air yang berbeda-beda atau dengan ketinggian suction yang tidak sama. Peneliti merasa perlu untuk mengangkat masalah ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh perbedaan letak pompa sentrifugal terhadap kapasitas pompa.

Penelitian ini dilakukan percobaan dengan cara memperlakukan 2 jenis pompa yaitu pompa dengan suction 4 meter-discharge 1 meter dan pompa dengan suction 1 meter-discharge 4 meter.

Hasil pengujian menghasilkan kesimpulan bahwa kapasitas pompa dengan suction 4 meter menghasilkan debit sebesar 0,41 liter/detik, sedangkan kapasitas pompa dengan suction 1 meter menghasilkan debit sebesar 0,45 liter/detik.  Maka pompa dengan suction lebih kecil (jarak pompa lebih dekat dengan permukaan air) lebih efektif  daripada pompa dengan suction panjang (letak pompa jauh dari permukaan air).

Kata kunci: Pompa, Kapasitas, Suction, Discharge
10.5281/zenodo.3694398


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.