ANALISA PENGARUH PERBEDAAN LETAK POMPA SENTRIFUGAL TERHADAP KAPASITAS POMPA

Authors

  • Sunarto Sunarto Universitas Gresik
  • Slamet Anwar Universitas Gresik

Abstract

Pompa merupakan suatu mesin yang digunakan untuk mengangkat air dari tempat bertekanan rendah ke tempat bertekanan tinggi. Bermacam-macam perbedaan tekanan yang dikehendaki menyebabkan kapasitas pompa yang bervariasi. Salah satu variabel yang menyebabkan perbedaan kapasitas pompa ialah perbedaan letak pompa dengan pertukaran air yang berbeda-beda atau dengan ketinggian suction yang tidak sama. Peneliti merasa perlu untuk mengangkat masalah ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh perbedaan letak pompa sentrifugal terhadap kapasitas pompa.

Penelitian ini dilakukan percobaan dengan cara memperlakukan 2 jenis pompa yaitu pompa dengan suction 4 meter-discharge 1 meter dan pompa dengan suction 1 meter-discharge 4 meter.

Hasil pengujian menghasilkan kesimpulan bahwa kapasitas pompa dengan suction 4 meter menghasilkan debit sebesar 0,41 liter/detik, sedangkan kapasitas pompa dengan suction 1 meter menghasilkan debit sebesar 0,45 liter/detik.  Maka pompa dengan suction lebih kecil (jarak pompa lebih dekat dengan permukaan air) lebih efektif  daripada pompa dengan suction panjang (letak pompa jauh dari permukaan air).

Kata kunci: Pompa, Kapasitas, Suction, Discharge
10.5281/zenodo.3694398

Published

2014-06-02

How to Cite

Sunarto, S., & Anwar, S. (2014). ANALISA PENGARUH PERBEDAAN LETAK POMPA SENTRIFUGAL TERHADAP KAPASITAS POMPA. Wahana Teknik, 3(1). Retrieved from https://journal.unigres.ac.id/index.php/WahanaTeknik/article/view/358