ANALISA KEBUTUHAN ANODA KORBAN SENG PADA PLAT BOTTOM KAPAL DI PT. INDONESIA MARINA SHIPYARD

Authors

  • Sunarto Sunarto Universitas Gresik
  • Deni Septian Universitas Gresik

Abstract

Plat bottom kapal adalah daerah yang pertama kali terkena air laut. Pada daerah ini dan bagian bawah garis air (BGA) maupun bagian atas garis air (AGA) sangat rentan terkena korosi. Untuk menghindari dampak yang timbul akibat korosi air laut, maka plat lambung kapal perlu diberi perlindungan korosi secara berkala. Sampai saat ini perlindungan tersebut masih menggunakan perlindungan secara pasif (dengan pengecatan) dan perlindungan secara aktif dengan metoda (cathodic protection). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas kebutuhan anoda korban paduan zinc, sebagai proteksi katodik pada plat lambung kapal ( lapisan plat yang terkena air ).

Penelitian ini akan menghitung laju korosi plat baja, kebutuhan anoda karbon, dan ketebalan plat lambung kapal.

Berdasarkan hasil perhitungan kebutuhan anoda korban sesuai dasar pembahasan pada KMP. CITRA MANDALA SAKTI, secara teknis dapat diketahui bahwa untuk memperlambat laju korosi plat lambung area bawah garis air kapal selama 3 tahun berlayar, dibutuhkan anoda korban paduan zink sebanyak @ 8 kg x 21 buah. Anoda korban paduan zink yang dipasang pada plat lambung kapal secara arus ternyata dapat memperlambat laju korosi rata-rata sebesar 0,308 mm/tahun.

Kata kunci: plat, kapal, anoda, zinc, korosi

10.5281/zenodo.3701951

Published

2015-06-05

How to Cite

Sunarto, S., & Septian, D. (2015). ANALISA KEBUTUHAN ANODA KORBAN SENG PADA PLAT BOTTOM KAPAL DI PT. INDONESIA MARINA SHIPYARD. Wahana Teknik, 4(1). Retrieved from https://journal.unigres.ac.id/index.php/WahanaTeknik/article/view/306