Gaya Kepemimpinan dan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Dengan Kepuasan Kerja Guru SMP Style of Leadership and Emotional Intelligence Principal With Junior High School Teacher Job Satisfaction

Penulis

  • Rochmanu Fauzi
  • Rofi'i Rofi'i

Abstrak

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kompetensi professional guru adalah  kepuasan kerja. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan hasil yang dirasakan lalu dibandingkan dengan harapannya.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif  Dari hasil  analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut; 1)  Gaya kepemimpinan  kepala sekolah  SMP  YPLP PGRI Dasmen Cabang Kabupaten Malang, menunjukkan hasil sangat positif yang berarti sangat mendukung peningkatan kepuasan kerja guru. 2) Kecerdasan Emosional kepala sekolah  SMP  YPLP PGRI Dasmen Cabang Kabupaten Malang menunjukkan sangat positif dalam pelaksanaan tugasnya sebagai pemimpin sekolah. dengan ciri indikator pemimpin yang Selalu optimis dan siap menghadapi resiko apapun atas keputusan dan tindakan yang telah dilakukan, 3) Kepuasan Kerja Guru SMP  YPLP  PGRI Dasmen Cabang Kabupaten Malang menunjukkan hasil  sangat positif terutama dalam meningkatkan produktifitas kerja guru .4) Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru Guru SMP  YPLP PGRI Dasmen Cabang Kabupaten Malang 5)  Terdapat hubungan  yang signifikan antara kecerdasan emosional kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru SMP  YPLP PGRI Dasmen Cabang Kabupaten 6)  Terdapat Hubungan yng signifikan antara  gaya kepemimpinan dan Kecerdasan Emosional kepala sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru SMP  YPLP  Dasmen PGRI Kabupaten Malang.

 

Kata Kunci:  Kepemimpinan, Kecerdasan emosional, Kepuasan kerja.

 

One factor to consider in improving the professional competence of teachers is job satisfaction. Satisfaction is the level of one's feelings after comparing the results of perceived and compared with expectations. This study uses a quantitative approach with descriptive research design Data analysis obtained the following conclusions; 1) The principal's leadership style YPLP SMP PGRI Dasmen Branch Malang, showed very positive results which means it supports the improvement of teacher job satisfaction. 2) Emotional Intelligence principals YPLP SMP PGRI Dasmen Branch Malang showed very positive in the execution of his duties as leader of the school. with characteristic indicators leaders who always optimistic and ready to face any risk for decisions and actions taken,

3) Teacher Job Satisfaction SMP PGRI Dasmen YPLP Branch Malang showed very positive results, especially in improving the productivity of teachers .4) There is a significant relationship between style school leadership and job satisfaction of teachers teacher SMP YPLP PGRI Dasmen Branch Malang 5) There is a significant relationship between emotional intelligence principals with job satisfaction junior high school teacher YPLP PGRI Dasmen Branch District 6) There is a relationship yng significantly between leadership style and emotional intelligence chief Teacher Job Satisfaction school SMP PGRI YPLP Dasmen Malang.

 

Keywords: leadership, emotional intelligence, job satisfaction.

Referensi

Cooper, Robert K, Sawa f Ayman. 1999. Executive EQ. Jakarta: PT Gramedia.

Depdikbud, 2012. Pengelolaan Pendidikdan Tenaga Kependidikan, Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan badan BSDMP & K dan PMP.

Glickman, C.D. 1990. Supervision of Instruction. Boston: Allyn and Bacon.

Handoko, T. Hani, 2002. Manajemen Personliadan Sumber Daya Manusia. Edisi, Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kotter, John P. 2001. Kepemimpianan dan Perubahan. Jakarta: Erlangga. Kusnadi .1999. Masalah ,Kerjasama, Konflik, dan Kinerja (Kontemporer dan Islam). Malang: Taroda.

Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pen-didikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Penerbit Elang Mas.

Mantja, W. 2000. Model Pembinaan / Supervisi Pengajaran. Malang: Program Pasca Sarjanan Universitas Malang.

Mangkunegara, Anwar Prabu AA. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa 2006.,Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, .

Singarimbun, Masri. Dan Sofian Effendy. 1985. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES. .

Thoha ,Miftah ,2010, kepemimpinan dalam manajemen, Jakarta :penerbit Rajawali pers.

Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdikbud Pusat.

Undang- Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen sebagai Tenaga Profesi. 2005. Jakarta: Depdikbud Pusat.

UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, Permendiknas No. 11 tahun 2005 tentang Buku Pelajaran,

Wahjosumidjo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo P ersada.

Unduhan

Diterbitkan

2016-02-18

Terbitan

Bagian

Artikel