Analisis Hasil Akreditasi dan Hasil Ujian Nasional terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Kota Batu Analysis Of The Results Of The Exam Results National Authority And Improving The Quality Of Education In Elementary School In The Town Of Batu

Penulis

  • Suyitno Suyitno
  • Suciati Suciati

Abstrak

Upaya peningkatan mutu pendidikan nasional oleh pemerintah dilakukan secara bertahap, terencana dan terukur sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 dan untuk  penjaminan mutu pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan dilakukan evaluasi, akreditasi, dan  sertifikasi guru (PP No 32 Tahun 2013, Pasal 2 ayat 2 ). Ketiga program terintegrasi dalam rangka menjaga mutu pendidikan di Indonesia. Berdasarkan data ternyata mutu pendidikan nasional jika dibandingkan dengan negara tetangga masih rendah. Realitas ini menunjukkan indikator bahwa upaya pemerintah  masih belum sesuai dengan harapan.  Tampaknya akreditasi sekolah dan ujian nasional sebagai  upaya  menjaga mutu satuan pendidikan perlu dikaji.Hal ini sangat menarik untuk diteliti karena memang  cukup beralasan untuk melakukan evaluasi yang realistis,karena hasil  penilaian akreditasi, ujian nasional dan sertifikasi dijadikan dasar  perbaikan secara berkelanjutan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Dalam hal ini peninjauan kembali bukan berarti meragukan peranannya tetapi dikaji untuk meningkatkan eksistensi peranannya dalam dunia pendidikan. Tujuan Penelitian ini adalah : 1)Menemukan bukti  pengaruh hasil akreditasi  terhadap peningkatan mutu pendidikan  Sekolah Dasar di Kota Batu,2)Menemukan bukti pengaruh hasil UN  terhadap peningkatan mutu pendidikan Sekolah Dasar di Kota Batu,3)Menemukan bukti hasil akreditasi dan hasil UN secara bersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan Sekolah Dasar di Kota Batu. Berdasarkan  tujuan yang dirumuskan penelitian ini mengaplikasikan penelitian korelasional. dan  menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif  dalam menganalisis dan menginterprestasikan data. Berdasarkan teknik purpose sampling responden berjumlah  33 Kepala Sekolah Dasar. Dipilihnya Kepala sekolah karena merupakan penanggungjawab mutu pendidikan di sekolah dan lebih memahami masalah kebijakan pemerintah terkait dengan akreditasi dan Ujian Nasional. Perolehan data diolah dengan bantuan SPPS versi 17 for window dengan hasil sebagai berikut :  pengaruh hasil akreditasi  terhadap peningkatan mutu pendidikan  sebesar 0,016, dan pengaruh hasil UN  terhadap peningkatan mutu pendidikan sebesar 0.288. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh hasil UN lebih besar dibandingkan pengaruh hasil akreditasi. Demikian juga didapatkan bahwa    hasil akreditasi dan hasil UN secara bersama-sama berpengaruh sebesar 0.098 terhadap peningkatan mutu . Pengaruh ini termasuk dalam kategori rendah.

     

Kata kunci : Hasil Akreditasi, Hasil Ujian Nasional dan Peningkatan Mutu Pendidikan

The improving quality of national education by the government is done gradually, well-planned and unmeasured as stipulated in the act number 20 year 2003 and to guarantee the quality of education in accordance National EducationStandart  are will be evaluated, accreditation, and certification of the teacher Thethree programs integrated in order keep the quality of education in Indonesia. Based on the data quality of national education turns when compared with neighboring countries is still low. This reality shows that Government indicators still do not comply with expectations. Apparently school accreditation and the national examination in an effort to maintain the quality of the educational units need to be examined.It is very exciting for the examined because it is well-grounded to make a realistic evaluation of the results of the assessment, accreditation, the national exam and certification basis sustainable improvements in the quality of education improvement efforts. In this review are not necessarily doubting his role but is examined to enhance the role of existence in the world of education. The purpose of this research was: 1) find evidence of accreditation results influence quality improvement education elementary school in the city of Batu, 2) found evidence of the influence of national examination results improved quality of primary school education in the city of Batu, 3) find evidence the results of accreditation and the national examination results together to increase the quality of education of elementary school in the city of Batu. Based on the purpose of which was formulated this research apply research correlational. And uses approach descriptive quantitative in analyzing and inter achievement the data. Based on purpose of sampling techniques, respondents in this study consisted of 33 head of elementary school in the town of Batu. Was chosen head of elementary school because they are a steward the quality of education in schools and understand more a matter of government policy related to the accreditation and the national examination. The data processed with the help of SPPS version 17 for a window with the result as follows there   influence the outcome of accreditation to increasing the quality of education is 0,016 and the national examination results to increasing the quality of education,is 0.288 . It showed that the influence of the exam results national larger than the influence of  the result of accrediting. And  the results of accreditation and the national examination  result jointly impact on improving the quality of education in elementary school in the town of  Batu is 0,098. Categorized as a low effect.

 

Keywords: The Results Accreditation, Results of The National Examination and Improving The Quality of Education efforts

 

Referensi

Ali Sain Imu ( 2011).Dampak Ujian Nasional pada Pembangunan dalam http://kumpulantulisanpendidikan.blogspot.com/2011/10/dampak-ujian-nasional-pada-pembangunan.html diakses 27 Maret 2013.

Amat Jaedun (2011). Benchmarking Standar Mutu Pendidikan. Makalah Seminar Nasional Pemanfaatan Hasil Penelitian Penilaian untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Hotel Salak. Bogor : Tidak diterbitkan.

Anis Baswedan (2011). Sebuah Ikhtiar bernama Indonesia Mengajar,Koran Pendidikan Edisi 346;IV, Malang :CV Mutiara Abadi.

Bambang Indriyanto (2010). Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dalam http://ansel-boto.blogspot.com/2010/09/xc.html diakses 27 Januari 2013.

Depdiknas, RI. (2013). Peraturan pemerintah Republik Indonesia; Nomor 32 tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta: Depdiknas RI.

Dho/Rin (2013). Kualitas Pendidikan di Indonesia Masih Rendah, dalam http://www.beritasatu.com/pendidikan/144143-kualitas-pendidikan-di-indonesia-masih-rendah.html diakses 27 Januari 2013.

Diah Agustina (2007). Pengaruh Akreditasi terhadap Peningkatan kualitas Pendidikan di Kabupaten Malang, dalam Http://Www.Researchgate.Net/Publication/ 51025756 Pengaruh Program Akreditasi Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Kabupaten Malang diakses 20 Januari 2013.

Dinas Pendidikan (2013) Laporan Ujian Nasional SD/MI Evaluasi Tahun 2012/2013. Propinsi Jawa Timur. Surabaya

Farid,Dedy I.I. (2006). Implementasi Sistem Akreditasi Sekolah Sebagai Usaha Peningkatan Mutu Pendidikan. Tesis Fakultas Pascasarjana:Universitas Muhamadiyah Malang: tidak diterbitkan.

Fathurrohman (2012). Akreditasi Dalam Kebijakan Pendidikan Nasional dalam http://muhfathurrohman.wordpress.com/2012/09/26/akreditasi-dalam-kebijakan-pendidikan-nasionalma.diakses diakses 22 Desember 2013

Kementrian Pendidikan Nasional (2011 ). Kajian Analisis Sistim Akreditasi Sekolah/Madrasah, dalam Rangka Reformasi Birokrasi Internal, Kementrian Pendidikan Nasional , Jakarta.

Her, (2010) Indonesia Dikuliahi Obama. Koran Pendidikan, edisi 336/III, Malang: CV Mutiara Abadi.

Kasiati (2011) Pengaruh Ujian Nasional Terhadap Mutu Pendidikan (Studi Eksplanatif di SMAN 1 Bandar Perdagangan Kecamatan Bandar Kabupate. Simalungun) dalam http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/30635 diakses 12 November 2013.

Kipty-kipty (2010) Skala Likert Dalam Teknik Evaluasi Perencanaan http://kiptykipty.wordpress.com/2010/06/05/skala-likert-dalam-teknik-evaluasi-perencanaan/ diakses 24 Pebruari 2014 .

Permendiknas No, 12 Tahun 2009 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar, Jakarta.

Permendiknas No, 63 Tahun 2009 Tentang Sistim Penjaminan Mutu Pendidikan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar, Jakarta.

Qory Dellasera (2013), Kualitas Pendidikan Indonesia (Refleksi 2 Mei), http://edukasi.kompasiana.com/2013/05/03/kualitas-pendidikan-indonesia-refleksi-2-mei-552591.html diakses 22 Desember 2012

Riz/lh (2012). Indonesia Masih Lemah Dalam Mutu Pendidikan Kualitas Lulusan http://news.detik.com/read/2012/12/26/131704/2126881/10/indonesia-masih-lemah-dalam-mutu-pendidikan-kualitas-lulusan diakses 22 Desember 2013.

Suharsini Arikunto (2010).Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sukardi (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan ex-post-facto http://www.onlinesariah.sy.com/2012/12/metode-penelitian-ex-post-facto.html diakses 26 Desember 2012.

Syarwani Ahmad (2013) Korelasi Hasil Akreditasi Sekolah Dengan Hasil Ujian Nasional dalam http://www.univpgri-palembang.ac.id/e-jurnal/index.php/ prosiding /article/view/77 diakses 27 Desember 2012

Tilaar.H.A.R.(2000) Paradigma Baru Pendidikan Nasional Jakarta: Rineka Cipta.

Udin Syaefudin Sa'ud, Sururi dan Nani Hartini ( 2011). Pengaruh Akreditasi Terhadap Mutu Pendidikan. LPPM Universitas Pendidikan Indonesia. dalam http://penelitian.lppm.upi.edu/detil/132/ pengaruh-akreditasi-terhadap-mutu-pendidikan-(studi-tentang--pengaruh-akreditasi-terhadap -mutu-pendidikan-di-sekolah.diakses 22 Desember 2012

Undang-Undang Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional Kementrian Pendidikan, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2015-02-05

Terbitan

Bagian

Artikel