EFEKTIVITAS STUDI KORELASI KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI GUGUS SEKOLAH II KECAMATAN PURWOSARI KAPUBATEN PASURUAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) adanya korelasi antara kepemimpinan manajerial kepala sekolah dengan mutu pendidikan di SDN Martopuro I dan SDN Kertosari II; (2) adanya korelasi antara kompetensi profesional guru terhadap mutu pendidikan di SDN Martopuro I dan SDN Kertosari II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana diberikan sebuah angket kepada seluruh guru yang bekerja di SDN Martopuro I dan SDN Kertosari II serta wawancara pada beberapa guru yang bekerja di SDN Martopuro I dan SDN Kertosari II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi kepemimpinan manajerial kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di SDN Martopuro I dan SDN Kertosari II karena sistem manajemen yang baik yang dapat dilihat dari segi perencanaan, koordinasi, memimpin dengan mengarahkan dan melakukan pengawasan atau pengendalian. Korelasi tersebut ditandai dengan perolehan hasil angket kepemimpinan manajerial rata-rata pada kedua sekolah masing-masing sebesar 89,50% dan 86,25% dan diimbangin dengan perolehan hasil angket mutu pendidikan masing-masing sebesar 91,00% dan 87,75%. Selain itu juga terdapat korelasi kompetensi profesional guru terhadap mutu pendidikan di SDN Martopuro I dan SDN Kertosari II karena dengan penguasaan materi, kemampuan pengelolaan kelas, kemampuan berinteraksi, dan kemampuan dalam pengembangan diri yang baik maka akan mempengaruhi kualitas mengajar seorang guru sehingga mempengaruhi mutu pendidikan. Hal ini ditandai dengan adanya perolehan hasil angket kompetensi profesional yang memperoleh rata-rata total persentase masing-masing 90,75% dan 87,25%.