Pembiasaan Bermain Anak Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Karakter Positif Anak Di SDN Babbalan Batuan Sumenep

Pembiasaan Bermain Anak Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Karakter Positif Anak Di SDN Babbalan Batuan Sumenep

Penulis

  • Ratna Novita Punggeti Unversitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1649

Kata Kunci:

Bermain, Permainan Tradsional, Budaya Lokal.

Abstrak

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan bermain siswa melalui permainan tradisional dalam meningkat karakter positif siswa SDN Babbalan Batuan Sumenep. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa permainan tradisional berbasis kebudayaan lokal memberikan proses pemaknaan karakter positif pada siswa. Permainan tradisional yang sering dilakukan adalah permaianan tangan “disamsu”,  permainan “begklen”, permainan “sape-sapean”, permainan dhakoh’, permainan “benteng”, permainan “gua sukarno”, permainan “polisi-polisian”, dan permainan kelereng. Dengan adanya aktualisasi karakter positif dalam bermain memberikan proses pemaknaan dalam belajar siswa dalam mendalami pendidikan karakter menjadi manusia yang baik. Oleh sebab itu, dalam proses pembelajaran perlu dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa dan kebudayaan lokal setempat. Pembelajaran yang menamnamkan nilai-nilai budaya lokal dapat membentuk pribadi individu yang percaya diri, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan mampu membentuk hubungan antar pribadi atai unteraksu dengan sesama yang saling memberi dan menerima. Jadi kebiasaan bermain permainan tradisional yang selama ini siswa lakukan adalah sebuah proses belajar dalam mewujudkan karakter positif siswa.

Referensi

“Nugrahastutik, Puspitaningtyas, Puspitasari, 2012. Nilai – Nilai Karakter Pada Permainan. Jurnal PKn Progresif Vol. 7/N0. 4/Juni 2012, FKIP UNS”.

“Murdiono, Mukhamad, 2012. Strategi Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Budaya Lokal. Jurnal PKn Progresif Vol. 7/N0. 1/Juni 2012, FKIP UNS”.

“Sudono, Anggani, 2010. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo”.

“Sugiyono, 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta”.

“Wibowo, Agus, 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar”.

“Widiastutik, Siwi, 2012. Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal Untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Vol. 1/ Edisi 1/ Juni 2012, FIP UNY”.

Suharyana, dkk. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Berbasis Budaya Lokal Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD,Vol. 2, No.1.

Sukarno, dkk. (2011). Pemanfaatan Permainan Tradisional dalam Pembentukan Karakter Anak. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB).

File Tambahan

Diterbitkan

17-06-2022

Cara Mengutip

Punggeti, R. N. (2022). Pembiasaan Bermain Anak Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Karakter Positif Anak Di SDN Babbalan Batuan Sumenep: Pembiasaan Bermain Anak Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Karakter Positif Anak Di SDN Babbalan Batuan Sumenep. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2), 175–181. https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1649

Terbitan

Bagian

Volume 11 Nomor 2 Bulan Juni 2022