PENGARUH LATIHAN ISOMETRIK TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT PADA LANSIA

Penulis

  • Siti Nur Wahyuni Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  • Wiwiek Widiatie Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu
  • Siti Muniroh akultas Ilmu Kesehatan Unipdu

DOI:

https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v10i2.915

Abstrak

Asam urat adalah produk metabolisme yang normal dari hasil pencernaan protein atau dari hasil uraian purin yang seharusnya dibuang lewat urin, tinja, atau keringat. Penyakit asam urat atau arthritis gout merupakan penyakit pada sendi karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Tingginya kadar asam urat karena ketidakmampuan tubuh untuk mengontrol proses kristalisasi asam urat yang menyebabkan keluhan nyeri, bengkak, rasa kesemutan. Keluhan tersebut sering dialami oleh lansia, sehingga lansia sulit melakukan aktivitas. Latihan isometrik merupakan salah satu pengobatan non farmakologis untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh sertadapat memperbaiki metabolism tubuh. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh latihan isometrik terhadap penurunan kadar asam urat pada lansia.

Jenis penelitian ini adalah Quasy Exsperimen dengan teknik Purposive Sampling. Jumlah sampel 10 responden pada tiap kelompok kontrol dan perlakuan 1kali per minggu dalam 1 bulan. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan, menggunakan uji Mann Whitney untuk membandingkan antara kelompok kontrol dan perlakukan dengan tingkat kemaknaan ?=0,05.

Hasil penelitian ini pada kelompok kontrol nilai ? = 0.327, dan kelompok perlakuan nilai ? = 0.005 sedangkan nilai uji Mann-Whitney di dapatkan ?= 0.049 artinya ? ? ? maka H1 diterima, nilai Z= - 1.968 jadi berbeda secara bermakna antara kadar asam urat pada kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan. Latihan isometrik berkontribusi terhadap penurunan kadar asam urat dalam tubuh melalui proses metabolisme sehingga asam urat keluar melalui urine.

DOI: 10.5281/zenodo.3563252

Biografi Penulis

Siti Nur Wahyuni, Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Mahasiswa

Wiwiek Widiatie, Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu

Dosen Keperawatan

Siti Muniroh, akultas Ilmu Kesehatan Unipdu

Dosen Keperawatan

Referensi

Agrawal, S.R.&., 2015. Pathogenesis and Clinical Management of Gouty Arthritis. Journal of the Association of Physicians of India, Volume 63, p.56.

Azizah, L.M., 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Enneking, W.F., 2009. Clinical Musculoskeletal Pathology. Florida: University of Florida Orthopaedic Association.

Herliana, 2013. Penyakit Asam Urat Kandas Berkat Herbal. Jakarta: Fmedia.

Hidayat, 2010. Gout dan Hiperserumia. Mediacinus, Volume 22 No 1.

Mariyam, S., 2008. Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Mulyana B, G.S.S.D.Z., 2013. Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nursalam, 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Posyandu, 2017. Arsip data.

Powers, S.K.&.H.T.E., 2007. Exercise Physiology. New York: Higher Education.

Rajin, M., 2016. Sehat dengan Sholat Dhuha Bagaimana Sholat Dhuha dapat Menurunkan Kadar Glukosa Darah. Yogyakarta: Dialektika.

Wahyuningsih, A.F.&.S.M., 2016. Pengaruh Senam Ergonomis Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat Pada Lansia Dengan Hiperserumia di Unit Pelayanan Sosial Lanjut Usia Wening Wardoyo Ungaran Semarang. p.3.

Wirotomo, T.S., 2013. Pengaruh Senam 10 Menit terhadap Skala Nyeri pada Penderita Gout. Jurnal Ilmiah, Volume V No 2, p.2.

Unduhan

Diterbitkan

28-11-2019

Cara Mengutip

Wahyuni, S. N., Widiatie, W., & Muniroh, S. (2019). PENGARUH LATIHAN ISOMETRIK TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT PADA LANSIA. Journals of Ners Community, 10(2), 211–220. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v10i2.915