EKSPLORASI PENGALAMAN KEPALA RUANGAN DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI MANAJEMEN

Penulis

  • Lilis Rohayani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Cimahi
  • Oyoh Oyoh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad yani Cimahi
  • Giri Ramdhan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v10i1.852

Abstrak

Manajemen keperawatan merupakan rangkaian fungsi dan aktivitas yang secara simultan saling berhubungan dalam menyelesaikan pekerjaan melalui anggota staf keperawatan untuk meningkatkan pelayanan keperawatan. Seorang kepala ruangan harus memahami ilmu manajemen dalam melakukan praktik keperawatan. Kepala ruang harus mampu menjalankan fungsi manajemen sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman kepala ruangan dalam melaksanakan fungsi manajemen keperawatan di ruang rawat inap RSUD Cibabat.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Pemilihan partisipan menggunakan metode purposive sampling. Tiga partisipan didapat sesuai dengan saturasi data. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dilengkapi dengan catatan lapangan, sesuai dengan tempat yang telah disepakati oleh partisipan dan peneliti. Wawancara  mendalam direkam kemudian dibuat transkrip verbaltim dan dianalisis dengan metode colaizzi.

Hasil penelitian menggambarkan pengalaman kepala  ruangan dalam melaksanakan fungsi manajemen  dengan berbagai  pengalamannya. Hasil penelitian ini menghasilkan tema-tema yaitu : 1) Pentingnya panduan kerja dalam melaksanakan fungsi manajemen 2) Hambatan kerja dalam pelaksanaan fungsi manajemen 3) Respon denial dan psikososial dalam melaksanakan fungsi manajemen 4) Upaya yang dilakukan oleh kepala ruangan untuk meningkatkan mutu pelaksanaan fungsi manajemen 5) Harapan kepala ruangan dalam melaksanakan fungsi manajemen.

Saran untuk rumah sakit dapat menjadi bahan evaluasi dalam pelaksanaan fungsi manajemen di ruang rawat inap, peneliti berikutnya agar dapat dikembangkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi manajemen.

Kata Kunci: Kualitatif Deskriptif, Pengalaman Kepala Ruangan, Fungsi Manajemen

DOI: 10.5281/zenodo.3549155

Biografi Penulis

Lilis Rohayani, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Cimahi

Departemen Manajemen Keperawatan

Oyoh Oyoh, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad yani Cimahi

Departemen Manajemen Keperawatan

Referensi

Afiyanti, D. Y., & Rachmawati, I. N. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Riset Keperawatan. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Ansori, & Mustajib. (2008). Sistem Perawatan Terpadu (Integrated Maintenance System). Tanggerang: Graha Ilmu.

Creswell, J. W. (2014). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions. California: SAGE Publication Inc.

Fajariyah. (2012). Asuhan Keperawatan Dengan Gangguan Harga Diri Rendah. Jakarta: Trans Info Media.

Fithriyani. (2017). Analisis hubungan fungsi manajerial kepala ruangan dengan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Pariaman. Jurnal Akademika Baiturrahim, 7.

Hidayat. (2007). Pengantar Konsep Daar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Huber, D. (2006). Leadership and Nursing Management Care. Philadelphia: Saunders Elsevier.

Kubler, R. (1969). On death and dying. New York: Scribner.

Maleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Putra Karya.

Marquis, & Husto. (2000). Leadership roles and management functions in nursing. Philadelphia: Lippincott.

Marquis, & Huston. (2010). Kepemimpinan dan manajemen keperawatan eori dan Aplikasi. Alih bahasa: Widyawati dan Handayani. Jakarta: EGC.

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam praktik keperawatan profesional (Edisi 5). Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan aplikasi dalam praktek keperawatan profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Oyoh. (2017). Pengalaman perawat dalam pelaksanaan sistem permberian pelayanan keperawatan profesional di RSUD Cibabat : Studi Fenomenologi. Jurnal Keperawatan Unpad, 328.

Potter, P., & Perry, A. (2007). Basic Nursing essential for practice (6th ed). Missouri: Mosby Elsevier.

Robbins, & Judge. (2008). Perilaku Organisasi (Terj. D. Angelica, R.Cahyani, dan A. Rosyid) Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Suarli, & Bahtiar. (2009). Manajemen Keperawatan dengan Pendekatan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Suparno, H. (2012). Peran Kepemimpinan Dalam Mengambil Keputusan. Jurnal Administrasi FISIP UNTAG, 09.

Speziale, & Carpenter. (2007). Qualitative Research in Nursing: Advancing the Humanistic Imperative 4th Edition. Philadelphia: Lippincott William Wilkins.

Winasih, R., Nursalam, & Dian, N. (2015). Budaya OrganisasiI Dan QUality of Nursing Work Life Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Perawat Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Ners Vol 10, 02.

Unduhan

Diterbitkan

16-06-2019

Cara Mengutip

Rohayani, L., Oyoh, O., & Ramdhan, G. (2019). EKSPLORASI PENGALAMAN KEPALA RUANGAN DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI MANAJEMEN. Journals of Ners Community, 10(1), 74–84. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v10i1.852