PENGARUH METODE SIMULASI BENCANA BANJIR TERHADAP TINGKAT KESIAPSIAGAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FIK UNIPDU JOMBANG

Penulis

  • Sufendi Hariyanto Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang
  • Kurniawati Kurniawati Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang

DOI:

https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v10i1.848

Abstrak

Indonesia memiliki risiko tinggi akan terjadi bencana alam. Tatanan geologi menjadikan permukaan alam bergunung-gunung dan berlembah yang menyebabkan potensi untuk banjir. Banjir merupakan salah satu bencana alam yang paling sering terjadi. Perilaku kesiapsiagaan adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko bencana. Mahasiswa keperawatan sebagai calon perawat memiliki peran penting dalam penanggulangan bencana. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan metode yang tepat agar mahasiswa memahami dan siap dalam menghadapi bencana. Salah satu metode pembelajaran yang bisa diberikan adalah metode simulasi. Metode simulasi dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan mahasiswa dalam menghadapi bencana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode simulasi bencana banjir terhadap tingkat kesiapsiagaan mahasiswa program studi ilmu keperawatan FIK Unipdu Jombang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan pendekatan one group pra-post test design. Populasinya adalah seluruh Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan semester 8. Sampelnya adalah Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan semester 8 yang memenuhi kriteria penelitian. Tehnik sampling menggunakan Probability Sampling (systematic simple random sampling). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian kuisoner sebelum dilakukan metode simulasi bencana banjir, kemudian dilakukan simulasi bencana banjir. Setelah simulasi  mahasiswa diberikan kuesioner lagi untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan mahasiswa dalam menghadapi bencana banjir. Analisis dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed rank Test dengan tingkat kemaknaan p<0.05.

Hasil dari uji statistic Wilcoxon Signed rank Test didapatkan p = 0,000 yang berarti terdapat pengaruh metode simulasi bencana banjir terhadap tingkat kesiapsiagaan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan FIK Unipdu Jombang.

Tingkat kesiapsiagaan bencana Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan FIK Unipdu Jombang mengalami peningkatan setelah dilakukan simulasi bencana banjir. Hasil dari penelitian ini menjelaskan pentingnya menerapkan metode pembelajaran simulasi yang melibatkan pada tiga aspek yaitu pengetahuan, ketrampilan dan sikap dimana mahasiswa bermain peran mengenai suatu tingkah laku yang dilakukan seolah-olah dalam keadaan yang sebenarnya.

Kata Kunci: metode simulasi, bencana banjir, kesiapsiagaan mahasiswa

DOI: 10.5281/zenodo.3549151

Biografi Penulis

Kurniawati Kurniawati, Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang

Keperawatan

Referensi

BNPB. 2016. Info Bencana. Jakarta: Pusdatinmas Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Hadisusanto, Nugroho. 2011. Aplikasi Hidrologi. Yogyakarta: Jogja Media Utama.

Hidayati, Deni. 2008. Jurnal Kependudukan Indonesia. Kesiapsiagaan Masyarakat Paradigma Baru pengelolaan Bencana Alam di Indonesia.

IDEP. 2007. Banjir, Peranan Masyarakat Saat Terjadi Banjir. Bali: Indonesian Development of Education and Permaculture.

Khambali. 2017. Manajemen Penanggulangan Bencana. Yogyakarta: ANDI.

LIPI, UNESCO/ ISDR. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Ancaman Bencana Alam. Jakarta: LIPI Press.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurjannah, Sugiarto, R., Kuswanda, D., BP, S., & Adikoesoemo. 2013. Manajemen Bencana. Bandung: Alfabeta.

Pakaya, R. S. 2007. Pedoman Teknis Penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana "Panduan bagi petugas Kesehatan Yang bekerja dalam Penanganan Krisis Kesehatan Akibat Bencana di Indonesia". Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Pupuh, Faturohman. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Ramli S. 2011. Pedoman Praktis Manajemen Bencana. Jakarta: Dian Rakyat.

Sobirin, Ahmad. 2007. Budaya Organisasi Pengertian, Makna dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Organisasi. Yogyakarta: IBPP STIM YKPN.

Steward, D & Wan, T.T. 2007. The Role of Simulation and Modeling in Disaster Management. J Med Syst. 3, 125 -130.

Yurianto, D. A. 2016. Sudah siapkah kita menghadapi banjir? Jakarta: pusat krisis kesehatan kementrian kesehatan republik indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

16-06-2019

Cara Mengutip

Hariyanto, S., & Kurniawati, K. (2019). PENGARUH METODE SIMULASI BENCANA BANJIR TERHADAP TINGKAT KESIAPSIAGAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FIK UNIPDU JOMBANG. Journals of Ners Community, 10(1), 67–73. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v10i1.848