HUBUNGAN FAKTOR INSTRUMENTAL DENGAN HASIL BELAJAR SEMESTER GANJIL SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 TAMBUN SELATAN TAHUN 2016

Penulis

  • Sinta Dwi Juwita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada
  • Yocki Yuanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada
  • Mugia Bayu Raharja Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada
  • Daniah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra RIA Husada

DOI:

https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v13i1.1757

Abstrak

Hasil belajar merupakan gambaran tentang bagaimana siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hasil belajar merupakan output nilai yang berbentuk angka atau huruf yang didapat siswa setelah menerima materi pembelajaran melalui sebuah tes atau ujian yang disampaikan guru. Data dari studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 4 Tambun Selatan masih didapat 60% siswa kelas XI yang memiliki hasil belajar rendah pada UTS Semester Ganjil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor instrumental dengan hasil belajar semester ganjil siswa kelas XI di SMAN 4 Tambun Selatan Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode analitik menggunakan desain penelitian cross-sectional. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI di SMAN 4 Tambun Selatan sejumlah 362 siswa dan sampel penelitian yaitu sebagian dari siswa kelas XI yang telah dihitung menggunakan rumus slovin didapatkan sebanyak 190 siswa. Uji statistik Chi-Square didapat hasil analisa univariat, (56,3%) siswa/i kelas XI yang memiliki hasil belajar rendah. Analisa bivariat di dapatkan hasil bahwa ada hubungan yang bermakna antara bahan ajar (p=0,020), metode mengajar (p=0,037) dengan hasil belajar siswa/i kelas XI karena nilai P-value < α dan tidak ada hubungan yang bermakna antara pemanfaatan sarana dan fasilitas (p=0,414) dengan hasil belajar siswa/i kelas XI, karena nilai P-value > α. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara bahan ajar dan metode mengajar dengan hasil belajar siswa/siswi kelas XI di SMAN 4 Tambun Selatan tahun 2016. Hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa/siswi SMAN 4 Tambun Selatan dan dijadikan bahan masukan bagi peneliti selanjutnya, serta menjadi bahan evaluasi bagi pihak sekolah untuk lebih memperhatikan bahan ajar yang digunakan dan metode mengajar yang dipakai dengan kesesuaian tujuan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa/siswi.

Referensi

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015.

Teori Belajar dan

Pembelajaran.Yogyakarta: ARRUZZ Media

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry

Sutikno. 2007. Strategi Belajar

Mengajar Melalui Penanaman

Konsep Umum dan Konsep Islami.

Bandung: PT. Refika Aditama.

Giantera, Dwi Raflian. 2013. Pengaruh

Fasilitas Belajar dan Motivasi

Belajar Terhadap Hasil Belajar

Siswa Mata Pelajaran Peralatan

Kantor Pada Siswa Kelas X

Program Keahlian Administrasi

Perkantoran SMK Cokroaminoto

Banjarnegara. Semarang

Hamalik, Oemar. 2012. Manajeman

Pengembangan Kurikulum.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Offset

Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar

Pengembangan Kurikulum.

Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Offset

Iskandar. 2009. Psikologi Pendididikan

Sebuah Orientasi Baru. Jakarta:

Gaung Persada Press.

Islamiyah, Millati. 2014. Penerapan

Kurikulum 2013 Pada

Pembelajaran PAI Kelas X dan

Dampaknya Terhadap Hasil

Belajar Siswa di SMAN 1

Wonosari Gunungkidul.

Yogyakarta

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013.

Evaluasi Pembelajaran.

Yogyakarta: Multi Pressindo.

Laksana, Kerida. 2011. Pengelolaan

Sarana dan Prasarana

Pendidikan Dalam Meningkatkan

Kualitas Pembelajaran di SMP

Pelita Harapan. Jakarta

Nafisah, Yuni. 2014. Implementasi

Kurikulum 2013 Pada Mata

Pelajaran Pendidikan Agama

Islam dan Budi Pekerti di Sekolah

Menengah Atas Negeri 2 Wates.

Yogyakarta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metode

Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT.

Rineka Cipta

Prayitno. Dasar Teori Dalam Praktis

Pendidikan. Grasindo

Rahmawati, Erfiana Restya. 2015.

Pengaruh Minat Belajar dan

Metode Mengajar Guru Terhadap

Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas

XI Mata Pelajaran Ekonomi

Sekolah Menengah Atas

Muhammadiyah 1 Surakarta

Tahun Ajaran 2014/2015.

Surakarta

Rahmawati, Indah. 2014. Bahan Ajar

dan Hasil Belajar Pada

Pembelajaran Ekonomi di Kelas

XI IPS. Pontianak

Rohani, Ahmad. 1995. Pengelolaan

Pengajaran. Jakarta: Rineka

Cipta. Sudjana, Nana dan Ahmad

Rivai. 2001. Teknologi

Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Suminah. 2011. Hubungan antara

sumber belajar dengan

keberhasilan belajar pendidikan

agama islam di SD Negeri Bintoro

Demak Tahun Pelajaran

/2011. Semarang

Susilo, Willy. 2015. Pengembangan

Kurikulum Program Studi

Perguruan Tinggi Berorientasi

Mutu, Berbasis KKNI, SPMI,

SPME, dan SMMSI. Bandung:

PT. Tirta Anugrah

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP –

UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi

Pendidikan. PT. Imperial Bhakti

Utama

Yamin, Martinis. 2009. Manajemen

Pembelajaran Kelas. Jakarta:

Gaung Persada Press.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2022

Cara Mengutip

Dwi Juwita, S., Yuanti, Y., Raharja, M. B. ., & Daniah, D. (2022). HUBUNGAN FAKTOR INSTRUMENTAL DENGAN HASIL BELAJAR SEMESTER GANJIL SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 TAMBUN SELATAN TAHUN 2016. Journals of Ners Community, 13(3), 119–124. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v13i1.1757