HUBUNGAN FAKTOR INSTRUMENTAL DENGAN HASIL BELAJAR SEMESTER GANJIL SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 TAMBUN SELATAN TAHUN 2016
DOI:
https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v13i1.1757Abstrak
Hasil belajar merupakan gambaran tentang bagaimana siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hasil belajar merupakan output nilai yang berbentuk angka atau huruf yang didapat siswa setelah menerima materi pembelajaran melalui sebuah tes atau ujian yang disampaikan guru. Data dari studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 4 Tambun Selatan masih didapat 60% siswa kelas XI yang memiliki hasil belajar rendah pada UTS Semester Ganjil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor instrumental dengan hasil belajar semester ganjil siswa kelas XI di SMAN 4 Tambun Selatan Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode analitik menggunakan desain penelitian cross-sectional. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI di SMAN 4 Tambun Selatan sejumlah 362 siswa dan sampel penelitian yaitu sebagian dari siswa kelas XI yang telah dihitung menggunakan rumus slovin didapatkan sebanyak 190 siswa. Uji statistik Chi-Square didapat hasil analisa univariat, (56,3%) siswa/i kelas XI yang memiliki hasil belajar rendah. Analisa bivariat di dapatkan hasil bahwa ada hubungan yang bermakna antara bahan ajar (p=0,020), metode mengajar (p=0,037) dengan hasil belajar siswa/i kelas XI karena nilai P-value < α dan tidak ada hubungan yang bermakna antara pemanfaatan sarana dan fasilitas (p=0,414) dengan hasil belajar siswa/i kelas XI, karena nilai P-value > α. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara bahan ajar dan metode mengajar dengan hasil belajar siswa/siswi kelas XI di SMAN 4 Tambun Selatan tahun 2016. Hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa/siswi SMAN 4 Tambun Selatan dan dijadikan bahan masukan bagi peneliti selanjutnya, serta menjadi bahan evaluasi bagi pihak sekolah untuk lebih memperhatikan bahan ajar yang digunakan dan metode mengajar yang dipakai dengan kesesuaian tujuan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa/siswi.
Referensi
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015.
Teori Belajar dan
Pembelajaran.Yogyakarta: ARRUZZ Media
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry
Sutikno. 2007. Strategi Belajar
Mengajar Melalui Penanaman
Konsep Umum dan Konsep Islami.
Bandung: PT. Refika Aditama.
Giantera, Dwi Raflian. 2013. Pengaruh
Fasilitas Belajar dan Motivasi
Belajar Terhadap Hasil Belajar
Siswa Mata Pelajaran Peralatan
Kantor Pada Siswa Kelas X
Program Keahlian Administrasi
Perkantoran SMK Cokroaminoto
Banjarnegara. Semarang
Hamalik, Oemar. 2012. Manajeman
Pengembangan Kurikulum.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Offset
Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar
Pengembangan Kurikulum.
Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Offset
Iskandar. 2009. Psikologi Pendididikan
Sebuah Orientasi Baru. Jakarta:
Gaung Persada Press.
Islamiyah, Millati. 2014. Penerapan
Kurikulum 2013 Pada
Pembelajaran PAI Kelas X dan
Dampaknya Terhadap Hasil
Belajar Siswa di SMAN 1
Wonosari Gunungkidul.
Yogyakarta
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013.
Evaluasi Pembelajaran.
Yogyakarta: Multi Pressindo.
Laksana, Kerida. 2011. Pengelolaan
Sarana dan Prasarana
Pendidikan Dalam Meningkatkan
Kualitas Pembelajaran di SMP
Pelita Harapan. Jakarta
Nafisah, Yuni. 2014. Implementasi
Kurikulum 2013 Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti di Sekolah
Menengah Atas Negeri 2 Wates.
Yogyakarta
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metode
Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT.
Rineka Cipta
Prayitno. Dasar Teori Dalam Praktis
Pendidikan. Grasindo
Rahmawati, Erfiana Restya. 2015.
Pengaruh Minat Belajar dan
Metode Mengajar Guru Terhadap
Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas
XI Mata Pelajaran Ekonomi
Sekolah Menengah Atas
Muhammadiyah 1 Surakarta
Tahun Ajaran 2014/2015.
Surakarta
Rahmawati, Indah. 2014. Bahan Ajar
dan Hasil Belajar Pada
Pembelajaran Ekonomi di Kelas
XI IPS. Pontianak
Rohani, Ahmad. 1995. Pengelolaan
Pengajaran. Jakarta: Rineka
Cipta. Sudjana, Nana dan Ahmad
Rivai. 2001. Teknologi
Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Suminah. 2011. Hubungan antara
sumber belajar dengan
keberhasilan belajar pendidikan
agama islam di SD Negeri Bintoro
Demak Tahun Pelajaran
/2011. Semarang
Susilo, Willy. 2015. Pengembangan
Kurikulum Program Studi
Perguruan Tinggi Berorientasi
Mutu, Berbasis KKNI, SPMI,
SPME, dan SMMSI. Bandung:
PT. Tirta Anugrah
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP –
UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi
Pendidikan. PT. Imperial Bhakti
Utama
Yamin, Martinis. 2009. Manajemen
Pembelajaran Kelas. Jakarta:
Gaung Persada Press.

