ANALISIS BRANDIMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PRODUK MCDONALD’S VETERAN GRESIK

Authors

  • Farida Mustikawati
  • Iffatul Aulia'i Rachmah

DOI:

https://doi.org/10.55129/https://doi.org/10.55129/.v12i4.2927

Abstract

Fenomena persaingan antara perusahaan yang ada telah membuat setiap perusahaan menyadari suatu kebutuhan untuk memaksimalkan aset-aset perusahaan demi kelangsungan perusahaan yang menghasilkan produk fast food. Salah satu aset untuk mencapai keadaaan tersebut adalah melalui bauran pemasaran (marketing mix). Sampai pada tahun 2004, McDonald’s memiliki 30.000 rumah makan di seluruh dunia dengan pengunjung rata-rata 50.000.000 orang dan pengunjung per hari dan rumah makan 1.700 orang. Lambang McDonald’s adalah dua busur berwarna kuning yang biasanya dipajang di luar rumah-rumah makan mereka dan dapat segera dikenali oleh masyarakat luas. Karena restoran cepat saji McDonald’s merupakan unit usaha waralaba yang menjual produk termasuk jasa, maka menggunakan marketing mix sebagai berikut: produk (Product), McDonald’s merupakan perusahaan yang bergerak pada industri fast food restaurant. Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap saji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel brand image (X1) dan harga (X2) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian ulang (Y) produk McDonald’s Veteran Gresik. Untuk mengetahui apakah variabel brand image (X1) dan harga (X2) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian ulang (Y) produk McDonald’s Veteran Gresik. Untuk mengetahui variabel manakah diantara variabel brand image (X1) dan harga (X2) yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian ulang (Y) produk McDonald’sVeteran Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil yang didapat dalam penelitian berdasarkan tes yang dilakuakan, maka dapat dikemukakan bahwa keputusan pembelian ulang produk McDonald’s Veteran Gresik, erat kaitannya dengan variabel-variabel yang diteliti, sehingga di masa mendatang untuk meningkatkan keputusan pembelian ulang, pihak manajemen McDonald’s Veteran Gresik sebaiknya perlu melakukan peningkatan serangkaian strategi dan kebijakan yang efektif dengan menumbuhkembangkan keberadaan keputusan pembelian ulang konsumen, yang berfokus kepada kenyamanan dan kepuasan konsumen secara individu maupun berupa kepribadian. Pihak manajemen McDonald’s Veteran Gresik seyogyanya harus lebih inovatif dan konstruktif dalam meningkatkan kualitas produk konsumen agar memperoleh keputusan membeli ulang dari konsumen secara optimal.

Published

2013-12-03

Issue

Section

Artikel