Analisis Rasio Laporan Keuangan Sebagai Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan PT. Aneka Jasa Grhadika dari Perspektif SK Menteri BUMN Nomor: KEP-100/MBU/2002

Authors

  • Ketut Ariasna
  • Kasbun Kasbun

DOI:

https://doi.org/10.55129/https://doi.org/10.55129/.v12i4.2927

Abstract

Dalam mengadakan interprestasi dan analisis laporan keuangan suatu perusahaan diperlukan adanya ukuran atau standar tertentu. Informasi yang diperoleh dari analisa laporan keuangan mencakup penilaian kinerja keuangan perusahaan yang mencerminkan keadaan keuangan baik yang telah lampau , saat sekarang, maupun yang akan datang. Tujuan dilakukannya analisa laporan keuangan adalah untuk mengidentifikasi setiap kelemahan keuangan yang dapat menimbulkan masalah dimasa depan, dan menentukan setiap kekuatan yang dapat dipergunakan.
Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yaitu penelitian yang mendasarkan dari data-data yang sudah ada dan tersedia pada objek yang diteliti. Dari data-data yang diperoleh dilakukan pengujian hipotesis, dan hasil dari pengujian tersebut dapat dijadikan sebagai kerangka jawaban bagi hipotesis yang telah ditentukan sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan.
Hasil akhir dari rasio-rasio yang dihitung adalah total skor rasio. Semakin tinggi total skor maka tingkat kinerja perusahaan semakin baik/ semakin sehat. Adapun skor rata-rata PT. Aneka Jasa Grhadika yaitu 62,90 dan skor penyesuaian 89,86. Dengan demikian dinyatakan bahwa tingkat kesehatan PT. Aneka Jasa Grhadika dikategorikan “SEHAT†dengan nilai “AA†sesuai dengan keputusan Menteri BUMN Nomor: KEP-100/MBU/2002.

Published

2013-12-01

Issue

Section

Artikel