Meningkatkan Usaha Mikro dan Menengah di Gresik Melalui Penerapan Strategi Pemasaran
Kata Kunci:
Gresik, Strategi Pemasaran, UMKM.Abstrak
Pengabdian berjudul "Meningkatkan Usaha Mikro dan Menengah di Gresik Melalui Penerapan Strategi Pemasaran" merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Dalam upaya ini, fokus utama adalah meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM di wilayah tersebut dengan menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Program ini melibatkan berbagai kegiatan, seperti pelatihan pemilik UMKM tentang strategi pemasaran modern, penggunaan platform digital, dan pengembangan merek. Tim pengabdian bekerja sama dengan pemilik UMKM untuk merancang strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik bisnis mereka. Selain itu, mereka juga mendukung UMKM dalam penggunaan media sosial dan pemasaran online untuk meningkatkan visibilitas dan akses pasar. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan UMKM, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Gresik. Dengan demikian, upaya ini memberikan manfaat yang signifikan bagi para pelaku UMKM dan komunitas lokal
Referensi
Abdullah, Rudi, and Asrianti Dja’wa. "Pelatihan Pengelolaan Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat (Bkm) Di Kelurahan Lipu Kota Baubau Sulawesi Tenggara." Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 2 (2019): 1494-1508.
Abdullah, Rudi. "Pelatihan Pengelolaan Keuangan Kelompok Masyarakat (POKMAS) di Kelurahan Lipu Kota Baubau Sulawesi Tenggara." Proceeding of The URECOL (2020): 31- 39.
Pratiwi, E. T., Abdullah, R., & Abdullah, L. O. D. (2018). Training of Financial Management on Society Self-Helping Agency at Kelurahan Palabusa, Baubau City, Southeast of Sulawesi. Seminar Nasional dan The 5th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2018.
Mubarok, NuruI, dan Eriza Yolanda Mladina. 2017. Strategi Pemasaran dalam meningkatkan penjuaIan pada UMKM VoI.3 No.1
Mursud M.,2014, Manajemen Pemasaran. Jakarta:Bumi Aksara
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of Cahaya Kampus and the author of this article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal managemen