Meningkatkan Usaha Mikro dan Menengah di Gresik Melalui Penerapan Strategi Pemasaran

Penulis

  • Tri Cicik Wijayanti Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Gajayana Malang

Kata Kunci:

Gresik, Strategi Pemasaran, UMKM.

Abstrak

Pengabdian berjudul "Meningkatkan Usaha Mikro dan Menengah di Gresik Melalui Penerapan Strategi Pemasaran" merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Dalam upaya ini, fokus utama adalah meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM di wilayah tersebut dengan menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Program ini melibatkan berbagai kegiatan, seperti pelatihan pemilik UMKM tentang strategi pemasaran modern, penggunaan platform digital, dan pengembangan merek. Tim pengabdian bekerja sama dengan pemilik UMKM untuk merancang strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik bisnis mereka. Selain itu, mereka juga mendukung UMKM dalam penggunaan media sosial dan pemasaran online untuk meningkatkan visibilitas dan akses pasar. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan UMKM, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Gresik. Dengan demikian, upaya ini memberikan manfaat yang signifikan bagi para pelaku UMKM dan komunitas lokal

Referensi

Abdullah, Rudi, and Asrianti Dja’wa. "Pelatihan Pengelolaan Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat (Bkm) Di Kelurahan Lipu Kota Baubau Sulawesi Tenggara." Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 2 (2019): 1494-1508.

Abdullah, Rudi. "Pelatihan Pengelolaan Keuangan Kelompok Masyarakat (POKMAS) di Kelurahan Lipu Kota Baubau Sulawesi Tenggara." Proceeding of The URECOL (2020): 31- 39.

Pratiwi, E. T., Abdullah, R., & Abdullah, L. O. D. (2018). Training of Financial Management on Society Self-Helping Agency at Kelurahan Palabusa, Baubau City, Southeast of Sulawesi. Seminar Nasional dan The 5th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2018.

Mubarok, NuruI, dan Eriza Yolanda Mladina. 2017. Strategi Pemasaran dalam meningkatkan penjuaIan pada UMKM VoI.3 No.1

Mursud M.,2014, Manajemen Pemasaran. Jakarta:Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

23-05-2023

Cara Mengutip

Tri Cicik Wijayanti. (2023). Meningkatkan Usaha Mikro dan Menengah di Gresik Melalui Penerapan Strategi Pemasaran. CAHAYA KAMPUS, 3(1), 69–74. Diambil dari http://journal.unigres.ac.id/index.php/CahayaKampus/article/view/3077