Peningkatan Pemahaman Guru Tentang Peran Mother Tongue (L1) pada EFL Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dan Partisipasi Siswa di Kelas

Penulis

  • Nirwanto Maruf Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Slamet Asari Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nurfariha Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Indiarti Yasmin Nabila Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Gresik

Kata Kunci:

mother tongue; pembelajaran Bahasa Inggris; partisipasi siswa; pengembangan profesional

Abstrak

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru dalam penggunaan mother tongue (L1) dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas, serta meningkatkan partisipasi siswa. Kegiatan dimulai dengan penguatan/sharing knowledge, di mana guru-guru berbagi pengalaman, pengetahuan, dan perspektif mereka tentang penggunaan mother tongue. Mereka mendapatkan landasan teoritis terkait peran mother tongue, code switching, code mixing, dan teori second language. Selanjutnya, workshop dilakukan untuk mempraktikkan teknik dan trik penggunaan mother tongue melalui simulasi atau permainan peran. Guru-guru dapat menguji kemampuan mereka dan memperkuat pemahaman tentang situasi penggunaan mother tongue dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Hasil implementasi kegiatan ini menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan mother tongue secara selektif dan efektif. Guru-guru dapat menghindari penggunaan yang berlebihan yang dapat mengganggu capaian pembelajaran siswa. Mereka juga mengembangkan strategi untuk meningkatkan partisipasi siswa, seperti mengaitkan mother tongue dengan pengalaman sehari-hari siswa. Kesimpulannya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berhasil meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru dalam penggunaan mother tongue dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Guru-guru mampu mengaplikasikan mother tongue secara tepat, meningkatkan partisipasi siswa, dan mencapai capaian pembelajaran yang lebih baik. Implementasi mandiri teknik dan trik penggunaan mother tongue menjadi langkah awal dalam pengembangan profesional guru. Dengan pengembangan yang berkelanjutan, guru-guru terus meningkatkan keterampilan mereka dalam memberikan pembelajaran yang lebih baik kepada siswa.

Referensi

Arifani, Y., Ma'ruf, N., & Barianty, T. N. (2021). Program Pendampingan Bahasa Inggris untuk Anak Autis Menggunakan Buku Aplikasi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 31-36.

Bilgin, G. P., & Rahimi, A. (2014). EFL Teachers’ Attitude toward Code Switching: A Turkish Setting. International Journal of Linguistics. https://doi.org/10.5296/ijl.v5i5.4043

Chen, Y., & Rubinstein-Avila, E. (2018). Code-switching functions in postcolonial classrooms. Language Learning Journal, 46(3), 228-240.https://doi.org/10.1080/09571736.2015.103566

Clanfield, L &Foord, D. (2013). “Using L1 in the Classroom (in defense of L1 use in the classroom)â€, 2000, Retrieved from http://www.hltmag.co.uk/jan03/ martjan032.rtf, on January 15, 2013.

Ferrer, V (2013). “The Mother Tongue in The Classroom: Cross-linguistic Comparison, Noticing and Explicit Knowledgeâ€. Accessed from http://www.teachenglishworldwide.com/Articles/Ferrer_mother %20tongue%20in%20the%20classroom.pdf, on January 15, 2013.

Iskandar, A., Aimang, H. A., Hanafi, H., Maruf, N., Fitriani, R., & Haluti, A. (2023). Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Era Digital. Yayasan Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.

Maruf, N. (2023). UNDERSTANDING THE RELATIONSHIP BETWEEN TEACHERS’BELIEFS AND ATTITUDES ABOUT DIFFERENTIATED INSTRUCTION AND ITS IMPLEMENTATION IN EFL CLASSROOMS IN INDONESIA. English Review: Journal of English Education, 11(2).

Maruf, N., Husain, D., & Rahmiati, N. (2021). Pendampingan Penerapan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis IT bagi Guru Bahasa Inggris. Jurnal SOLMA, 10(3), 478-485.

Maruf, N., Mahdiana, I., & Bahar, B. (2022). LEARNERS’ENGAGEMENT WITH TEACHER WCF OR LEARNERS’ENGAGEMENT WITH PEER WCF? LEARNERS’PERSPECTIVES. British (Jurnal Bahasa dan Sastra Inggris), 11(2).

Mujayanah, S., Maruf, N., & Asari, S. (2023). WHATSAPP USE ON READING COMPREHENSION: EXPLORING THE IMPACT AMONG EFL LEARNERS. English Review: Journal of English Education, 11(2).

Prodromou, L. (2006). “From Mother Tongue to other Tongueâ€, Accessed from http://www.teachingenglish.org.uk/think/methodology/mother_tongue.sht ml, 2001, on October 25, 2006.

Rinvolucri, M.(2001). †Mother Tongue in the Foreign Language Classroom: Why and Howâ€, Modern English, Vol. 10, No. 2, 2001.

Tang, J. (2006). “Using L1 in the English Classroomâ€. Accessed from http://exchanges.state.gov/forum/vols/vol40/no1/p36.htm, 2002, on November 8, 2006.

Unduhan

Diterbitkan

18-07-2023

Cara Mengutip

Nirwanto Maruf, Slamet Asari, Nurfariha, & Indiarti Yasmin Nabila. (2023). Peningkatan Pemahaman Guru Tentang Peran Mother Tongue (L1) pada EFL Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dan Partisipasi Siswa di Kelas. CAHAYA KAMPUS, 3(1), 9–20. Diambil dari http://journal.unigres.ac.id/index.php/CahayaKampus/article/view/2979