MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI TK MATAHARI TERBIT
Abstrak
Pembelajaran yang berkualitas tidak hanya ditentukan oleh pembaharuan kurikulum, fasilitas yang tersedia, kepribadian guru yang simpatik, pembelajaran yang penuh kesan, wawasan pengetahuan guru yang luas tentang semua bidang, melainkan juga guru harus menguasai kiat manajemen kelas. Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan kegiatan pembelajaran guru dengan segenap penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Efektivitas pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, respon siswa terhadap pembelajaran dan penguasaan konsep siswa. Untuk mencapai suatu konsep pembelajaran yang efektif dan efisien perlu adanya hubungan timbal balik antara siswa dan guru untuk mencapai suatu tujuan secara bersama untuk membantu tercapainya seluruh aspek perkembangan siswa
Referensi
Baharun, H. (2006). Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren (Studi di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo). Tesis, konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri.
Carolyn M. Evertson. Edmund T. Emmer . 2009. Classroom Management for Elementary Teachers (with MyLab Education), 8th Edition. Pearson
Rohmawati A, 2015. Efektivitas Pembelajaran Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9 Edisi 1DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02
Santrock, John .W. (2014). Psikologi Pendidikan, Educational Psycology. Edisi 5-Buku 2, McGraw-Hill Education, Jakarta: Salemba Humanika
Slavin, Robert E. (2009). Psikologi Pendidikan. Teori dan Praktek. Edisi Kedelapan. Pearson., Jakarta: Indeks.
Supardi, Sekolah Efektif, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2013)
Weinstein C S. 2007. Middel and Secondary Classrom Management. New York McGraw-Hill.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of Cahaya Kampus and the author of this article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal managemen