Upaya Perluasan Pangsa Pasar UMKM Dengan Strategi Pemasaran Langsung Di Desa Dahanrejo Kebomas Gresik
Kata Kunci:
E-Commerc; Pengusaha Usaha Kecil MenengahAbstrak
Salah satu potensi industry yang menjadi basis perekonomian di Desa Dahanrejo yaitu industry makanan, diantaranya industry pangan dan produksi kerupuk. Peningkatan jumlah penduduk menambah masalah pengguran baru jika tidak diimbangi dengan menciptakan industry baru atau mengembangkan industry kecil yang sudah ada. Salah stu teknologi yang berkembang sangat pesat sekarang yaitu dengan memanfaatkan E-Commerce. Metode yang digunakan dalan pemberdayaan kelompok sasaran adalah berupa pembelajaran melalui sosialisasi dan pemasaran dalam memasarkan produknya, UMKM hanya memasarkan kepeda pengepul tanpa memasarkan pada konsumen secara langsung, maka usahanya tidak ada peningkatan yang signifikan. Beragam tantangan yang hadir pada pengusaha UMKM diantaranya minimnya penguasaan SDM dalam hal Legalitas usaha, ilmu pengetahuan dan telnologi, kemasan / packaging, koneksi pemasaran, kemampuan manajerial dan permodalan. Legalitas yang harus dimiliki UMKM diantaranya NIB (oss.go.id), Merek ijin edar (SP-PIRT atau MD), dan label Halal.bentuk program yang akan dilaksanakan adalah program pengembangan usaha bagi pelaku UMKM dalam mengelola manajemen usaha dan perlindungan hokum dalam bidang E-Commerce, kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan agar peningkatan ekonomi lokal masyarakat adalah memberikan pendampingan pemberdayaan ilmu dan teknologi tentang pengembangan usaha UMKM yang terdiri dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan usaha, serta strategi distribusi pemasaran yang terdiri dari aspek pengelolaan kemasan dan pemasaran secara online, serta peningkatan kompetensi sumber daya pelaku UMKM yang terdiri dari aspek pelatihan tentang perizinan usaha untuk memudahkan pemasaran dan mempermudah proses jual beli tanpa harus bertatap muka atau secara online.
Referensi
Abdul Atsar , Aryo Fadlian (2021) Sosialisasi Kegiatan Penyuluhan UMKM Mewujudkan Perekonomian Masyarakat Yang Mempunyai Potensi Dan Peran Strategis Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2008. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 5 No 5.
Yustina Chrismardani(2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Implementasi Untuk UMKM. Jurnal Neo-Bis . Volume 8 No 2.
Widita Putri Oktavania (2019). Pengaruh Pemasaran Langsung Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Exclusive Matte Lip Cream Di Tokopedia. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 2 No 1.
Mariana Kristiyanti (2014) Website sebagai Media Pemasaran Produk-Produk Unggulan UMKM di Kota Semarang. Volume 13 No 2.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of Cahaya Kampus and the author of this article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal managemen