Assessment Kebutuhan Guru dan Rekrutmen di SMP YIMI

Penulis

  • Taufiq Harris Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Gresik
  • Ahmad Thohirin Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Gresik
  • Sri Wahyuni Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Gresik

Kata Kunci:

Peran, Orang Tua, Pengembangan Sekolah

Abstrak

Assessment kebutuhan Guru dan Rekrutmen adalah jembatan evaluasi yang digunakan oleh atasan untuk mengetahui sejauh mana kinerja seorang guru dan rekrutmen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan guru dan Assessment di SMP YIMI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Data diperoleh dari data premier dan skunder. Hasil penelitian , guru SMP YIMI belum berhasil mencapai standar minimal yang diinginkan, khususnya dalam hal penerapan pembelajaran dengan sistem bilingual dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), untuk meningkatkan kompetensi pedagogiknya, guru membutuhkan pengembangan profesionalisme tentang metode-metode pembelajaran baru yang berbasis ICT dan pembentukan karakter (character building) siswa (sangat mendesak, guru mengharapkan adanya kegiatan pengembangan profesionalisme yang membangkitkan semangat untuk lebih meningkatkan etos kerja dan tanggungjawab mereka (belum mendesak). meningkatkan kompetensi profesionalnya, guru membutuhkan pengembangan profesionalisme tentang keterampilan menguasai bahasa Inggris dan menerapkan PTK; berdasarkan bentuknya, guru mengharapkan pelaksanaan kegiatan pengembangan profesionalisme guru di masa depan dibuat dalam dua sesi, yaitu sesi belajar secara teoretis dan sesi belajar secara praktis.

Referensi

Bye, T. 2004. Project ALACASA: Academic Literacy Across the Curriculum for Achieving Standards Biennial Evaluation Report 2002–2004. San Francisco: San Francisco Unified School District.

Djamarah, S. B. & Answar, Z. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Dutro, E., Fisk, K., Koch, R., Roop, L. J., & Wixson, K. 2002. When State Policies Meet Local District Contexts: Standards-Based Professional Development as a Means to Individual Agency and Collective Ownership. Teachers College Record, 104: 787– 811.

Knapp, M. 2003. Professional Development as a Policy Pathway. Review of Research in Education, 27: 109-157.

McCawley, P. F. 2009. Methods for Conducting an Educational Needs Assessment: Guidelines for Cooperative Extension System Professionals. Moscow: University of Idaho.

Oxford English Dictionary. 1995. New York: Oxford University Press. Stein, M. K., & D’Amico, L. 2002. Inquiry at the crossroads of policy and learning: A study of a district-wide literacy initiative. Teachers College Record, 104: 1313–1344. T

riwiyanto, T & Sobri A. Y. 2010. Panduan Mengelola Sekolah Bertaraf Internasional.

Yogyakarta: ArRuzz Media.

Sianturi, Canni Loren, “Asesmen Kebutuhan Pengembangan Profesionalisme Guru SMK†JURNAL PENDIDIKAN HUMANIORA, HAL 16-24, 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Unduhan

Diterbitkan

17-04-2023

Cara Mengutip

Taufiq Harris, Ahmad Thohirin, & Sri Wahyuni. (2023). Assessment Kebutuhan Guru dan Rekrutmen di SMP YIMI. CAHAYA KAMPUS, 1(2), 77–83. Diambil dari https://journal.unigres.ac.id/index.php/CahayaKampus/article/view/2823