Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  • File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  • Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  • Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  • Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  • Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.

Panduan Penulis

Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia (asbtrak disertai Bahasa Inggris) dalam bentuk narasi dengan gaya bahasa yang efektif dan akademis. Naskah hasil penelitian hendaknya disusun menurut sistematika sebagai berikut :

  1. Judul, menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas, ditulis dalam Bahasa Indonesia tidak lebih dari 14 kata, dicetak dengan huruf besar di tengah-tengah menggunakan font 12 Times New Roman dan Bahasa Inggris dicetak miring dan tidak semua diketik dengan huruf besar, hanya disetiap awal kata kecuali kata penghubung.
  2. Nama penulis, tanpa gelar disertai catatan kaki tentang instansi tempat penulis bekerja. Jumlah penulis yang tertera dalam artikel maksimal 4 orang.
  3. Alamat, berupa instansi tempat penulis bekerja dilengkapi dengan alamat pos lengkap dan alamat e-mail bila ada.
  4. Abstrak, ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia maksimal 250 kata dan merupakan intisari seluruh tulisan, mengandung unsur IMRAD : Introduction, Method, Result, Analysis, Discussion. Di bawah abstrak disertakan 3-5 kata-kata kunci (keywords).
  5. Pendahuluan, meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah serta tujuan penelitian dan harapan untuk waktu yang akan datang. Panjang tidak lebih dari 2 halaman ketik.
  6. Metode dan Analisa, berisi penjelasan tentang rancangan penelitian, waktu, tempat, bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan. Metode harus dijelaskan selengkap mungkin agar peneliti lain dapat melakukan uji ulang.
  7. Hasil dan pembahasan, dikemukakan dengan jelas dalam bentuk narasi dan data yang dimasukkan berkaitan dengan tujuan penelitian, bila perlu disertai dengan ilustrasi (gambar, grafik, diagram), tabel yang mendukung data, sederhana dan tidak terlalu besar. Pembahasan, menerangkan arti hasil penelitian yang meliputi : fakta, teori dan opini.
  8. Kesimpulan dan saran, berupa kesimpulan dan saran hasil penelitian dalam bentuk narasi yang berupa satu kalimat sempurna (S-P-O-K)
  9. Pengutipan. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun). Contoh: (Nursalam, 2012)
  10. Kepustakaan, referensi maksimal 10 tahun terakhir, referensi yang ditulis dalam teks harus diikuti nama penulis dan tahun penerbitan. Misalnya : Luka dapat terinfeksi dan mengalami gangguan penutupan luka (Mundy, 2005). Referensi yang digunakan 80% di antaranya adalah artikel-artikel ilmiah yang berasal dari jurnal. Kepustakaan disusun menurut Harvard System sebagai berikut:
    1. Jurnal : Sulistiawati, dkk. (2008). Perilaku Pemulung tentang Demam Berdarah Dengue dengan Keberadaan Jentik Aedes Aegypty. Jurnal Ners. Vol.2, No.2, hal : 143-150.
    2. Buku : Kozier, B., et al.(2004). Fundamentals of Nursing : Concepts, Process and Practice. Seventh edition. Volume II. USA : Pearson, hal. : 1135-1140.
    3. Skripsi/Tesis/ Disertasi : Sudarsono (2004). Kenakalan Remaja, Prevensi, Rehabilitasi dan Resosialisasi. Skripsi untuk Meraih Gelar Sarjana Ilmu Sosial dan Politik,.Universitas Airlangga, Surabaya. Tidak dipublikasikan, hal. : 95-96. 
    4. Website : Wright, T. (2007). Simple Essential Oils Remedies to the Most Common Ailments. http://www.theida.co./pdf/simpleremidies.pdf. diakses tanggal 4 April 2007 jam 13.56 WIB.
  11. Persamaan matematis, dikemukakan dengan jelas. Angka desimal ditandai dengan koma untuk Bahasa Indonesia dan titik untuk Bahasa Inggris.
  12. Tabel, diberi nomor dan diacu berurutan dalam teks, judul harap ditulis dengan singkat dan jelas. Semua singkatan pada tabel harap dijelaskan dalam catatan kaki.
  13. Ilustrasi, dapat berupa gambar, grafik atau diagram diberi nomor dan diacu berurutan pada teks. Keterangan diberikan dengan singkat dan jelas di bawah ilustrasi (tidak di dalam ilustrasinya). Pada ilustrasi dibuat tanpa menggunakan border.
  14. Naskah yang dikirim ke redaksi hendaknya bentuk program pengolah kata MS Word, ukuran F4 (210 x 330 mm) dengan jarak 1 spasi untuk abstrak dan 1,5 untuk isi, font 11 Times New Roman untuk abstrak dan 12 Times New Roman untuk isi , panjang tulisan berkisar 15-20 halaman (1 kolom), batas kertas 4 cm dari tepi kiri, 3 cm dari tepi kanan, atas dan bawah. Awal paragraf dimulai pada ketukan 6.
  15. Menandatangani pernyataan bahwa artikel merupakan hasil karya dari penulis dan belum pernah dipublikasikan dan pernyataan kesepakatan dengan anggota penulis lain.
  16. Mengirimkan artikel ke Redaksi journal.unigres.ac.id/index.php/CahayaKampus mengisi sebagai identitas sebagai penulis, dan mengunggah manuskrip dlm bentuk ms word.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.